Pertama kali di Indonesia, lomba lari Candi ke Candi

0
90

Olahraga lari semakin digemari publik Indonesia. Selain nyaris tanpa biaya, lari menjadi favorit karena semakin banyaknya komunitas dan lomba yang ada.

Seperti yang satu ini, yang disponsori oleh The Javana, produksi Wings Food, yakni, “Teh Javana Candi ke Candi 10K”, yang merupakan lomba lari pertama dengan konsep candi ke candi.

“Perhelatan lari wisata ‘Teh Javana Candi ke Candi 10K’ ini dilatarbelakangi oleh semangat Teh Javana untuk mengangkat kekayaan Indonesia yang sudah dikenal dunia seperti teh Indonesia yang sudah diakui di dunia internasional,” ujar Aristo Kritandyo, Group Head of Marketing Beverages Wings Food yang ditemui di Press Conference ‘Teh Javana Candi ke Candi 10K’ di FX Sudirman, Jakarta [21/11].

Tuturnya lagi, “Maka dari itu Wings Food memilih candi ini menjadi tempat pelaksanaan Teh Javana Candi ke Candi 10K. Karena pada tahun 1991, Candi Prambanan telah diakui UNESCO sebagai warisan dunia atau world heritage.”

Kompetisi lari ini selain kategori 10K juga ada kategori 5K, dan dikhususkan hanya untuk warga negara Indonesia berusia 15 tahun ke atas. Bagi yang usianya di bawah 15 tahun, wajib didampingi oleh orangtuanya. Hadiahnya mencapai puluhan juta rupiah. Dan hingga saat ini jumlah peserta telah menyentuh sebanyak 2000 pelari.

Rutenya akan meliputi 5 candi, yaitu, Candi Prambanan, Candi Bubrah, Candi Sewu, Candi Lumbung, dan Candi Plaosan.

Selain lari, juga akan diadakan Festival Kuliner dan Festival Musik di Lapangan Brahma Candi Prambanan yang akan berlangsung satu hari penuh. Band Shaggy Dog, turut memeriahkan event ini.

Lomba lari “Teh Javana Candi ke Candi 10K” ini juga bekerjasama dengan Tempo Impresario dan didukung oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya [BPCB]-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Kementerian Pariwisata, Taman Wisata Candi [TWC], PB PASI, personil Kepolisian dan TNI dari Klaten dan Sleman, serta komunitas lari Jakarta deBrads dan Playon Yogya. Lomba lari akan dilaksanakan pada, Minggu, 29 November 2015, mulai pukul 06.00 pagi.

Perlombaan lari ini merupakan bagian dari komitmen Teh Javana menyuarakan kampanye bangga akan potensi budaya Indonesia dengan gerakan Mana Indonesiamu. Selengkapnya mengenai kampanye ini, kamu bisa melihatnya di ManaIndonesiamu.com. [teks & foto @bartno]

SHARE