Cara McDonald’s menentukan outlet barunya

0
216

Penyedia makanan cepat saji asal Paman Sam ini, terus memperluas jaringannya di Indonesia. Setiap tahunnya, menurut Ratna Wirahadikusumah sebagai Director of Store Development Group PT. Rekso Nasional Food, McDonald’s selalu mendirikan 10-15 outlet baru.

Melalui program The Captain di 103.8 FM Brava Radio beberapa waktu lalu, Ibu Ratna juga menyampaikan bagaimana cara McDonald’s menetapkan suatu lokasi McD baru.

“Yang pertama kita lihat adalah areanya dulu atau kota. Sebenarnya basic sih. Mulai dari populasinya, daya belinya, sarana prasarananya, dan perkembangan kota atau areanya itu penting. Jadi kita nggak mau nih masuk area yang sudah nggak berkembang lagi.”

“Satunya lagi adalah demand generator. Siapa sih yang bakal datang ke McDonald’s. Main demand generator-nya itu kita sebut, home-shop-work, yaitu orang-orang yang tinggal di sekitarnya, orang-orang yang bekerja di sekitarnya, dan orang-orang yang berbelanja di sekitarnya, dan penting juga sekolah. Jadi semua aktivitas ada di situ.”

“Baru kemudian kita lihat di area itu mana sih lokasi yang paling baik. McDonald’s itu selalu punya istilah one thousand percent location, penting banget. Meski kita nggak selalu dapatkan itu,” jelas Ibu Ratna.

Dari 162 outlet McDonald’s yang telah ada, ada satu outlet favorit pilihannya, yakni McDonald’s di Manado. “Lokasinya unik dan punya ocean view,” kata Ibu Ratna.

Masih ingatkah G-Readers di mana McD membuka outlet pertamanya? McDonald’s pertama kali membuka outletnya di Indonesia ada di Sarinah, tepatnya tanggal 23 Februari 1991. [teks @bartno | foto todayifoundout.com]

SHARE