Dilarang menaruh handphone di 4 tempat ini

0
142

Banyak orang yang takut handphone-nya jatuh dan rusak. Tapi, tidak banyak orang yang berpikir betapa pentingnya sebuah baterai. Bisa dibilang baterai handphone adalah bagian yang paling awet dalam handphone, namun jika terjadi masalah, baterai tidak akan berfungsi optimal atau bahkan sudah tidak bisa digunakan lagi.

Meskipun hal tersebut tidak membuat handphone-mu meledak, tapi bisa menjadi sebuah kerugian.

“Baterai mengalirkan power yang besar ke dalam area kecil,” kata John Drengenberg, consumer safety director di UL [UL adalah perusahaan global yang independen dan berfokus kepada ilmu pengetahuan yang aman].

“Jika terjadi masalah pada baterai, akan menyebabkan arus pendek, dan panas baterai akan keluar bersama dengan kimia yang ada di dalam baterai,” tambah Drengenberg.

Drengenberg juga mengatakan, panas menyebabkan ekspansi, dan dapat memecahkan bagian dalam baterai.

“Itulah sebabnya kenapa ada pemberitahuan untuk menyadari jika baterai panas dan bisa mengistirahatkan si baterai, sama halnya seperti air panas yang dimasak dalam teapot, jika mendidih akan mengeluarkan suara,” jelas Drengenberg.

Handphone memang tidak akan mengeluarkan suara jika baterai panas, tapi mengistirahatkan baterai bisa menjadi solusi yang efektif.

Untuk menghindari baterai dari overheating, jangan pernah menaruh handphone di 4 tempat berikut ini:

1. Kantong celana bagian belakang: Kamu bisa saja menduduki handphone-mu , dan membuat baterai menjadi panas. Jangan juga menaruh handphone di bawah buku-buku, karena panas dari baterai akan hinggap di satu area saja, tidak bisa keluar.

2. Di dalam sarung tangan: Menyimpan handphone di dalam sarung tangan diperbolehkan, jika saat cuaca dingin. Tapi, di Indonesia yang memiliki cuaca panas sangat dilarang ya, karena akan menambah panas dari dalam baterai.

3. Di atas handuk saat berada di pantai: Saat dipantai kamu sering menaruh handphone-mu di atas handuk yang sedang dijemur dan terkena paparan sinar matahari langsung. Hal ini akan membuat bateraimu seperti kompor yang siap meledak.

4. Disamping kompor: Udara panas dari kompor bisa membuat handphone-mu cepat panas. Cari tempat lain untuk menaruh handphone saat sedang memasak.

Yuk mulai perhatikan baterai handphone-mu G-Readers! [teks Jane Gunawan/safebee | foto safebee]

SHARE