Mengapa suara bisa hilang?

0
126

Pernahkah kamu membuka mulutmu dan berusaha berteriak dengan keras, namun suara tidak juga keluar?

“Penyebab suara hilang yang paling umum adalah infeksi tenggorokan, seperti saat sedang batuk atau flu,” kata Katherine Kendall, MD, FACS, specialist dan professor dari Universitas Utah bagian otolaryngology.

Jika kamu kehilangan suara dan kamu tidak sedang sakit apapun, kemungkinan terjadi masalah pada otot tenggorokan. Hal ini terjadi karena stres atau memaksa berbicara saat sedang mengalami masalah otot tenggorokan.

Suara hilang sering terjadi pada beberapa orang. “Seorang instruktur aerobik yang tanpa dilengkapi dengan microphone, seorang cheerleader, atau pebisnis yang berbicara di telepon sepanjang hari,” kata Kendall.

Menurut Michael Benniger, MD, seorang spesialis kepala dan leher di Cleveland Clinic, menyampaikan bahwa “Suara serak bisa terjadi pada banyak orang, hampir 20% orang Amerika memiliki masalah suara hilang.”

“Angka ini meningkat jika dilihat semakin banyaknya orang yang mengalami suara hilang hingga saat ini. Dilaporkan sebanyak 60% guru sekolah mengalami masalah dengan suara mereka sepanjang hidupnya dan 11% yang mengalami masalah ini di waktu tertentu,” jelas Michael.

Kendall, Michael, dan Mayo Clinic berbagi tips untuk G-Readers yang mengalami suara hilang, dan bagaimana mencegah suara hilang, berikut tips-tipsnya:

1. Istirahatkan suara: Jika suaramu serak, ada baiknya kamu segera mengistirahatkan tenggorokanmu dengan tidak berbicara dulu.

2. Gunakan alat humidifier: Humidifier membantu agar tenggorokan terjaga kelembapannya. Ingat harus mengikuti petunjuk yang ada untuk selalu membersihkannya.

3. Hindari berbisik: Mungkin terdengar aneh, tapi berbisik ternyata lebih membuat otot tenggorokan bekerja lebih keras, dibandingkan berbicara dengan normal.

4. Jangan menggunakan suara tanpa istirahat: Hindari berbicara atau berteriak dalam waktu yang lama. Istirahatkan suaramu jika kamu menyadari ada perubahan kualitas suara.

5. Hindari asap: Ini termasuk asap rokok, dan juga penyegar udara.

[teks Jane Gunawan/safebee | foto safebee]

SHARE