Racing Extinction, saatnya kita selamatkan satwa liar

0
209
Pari Manta

Tahukah G-Readers bahwa dalam 40 tahun belakangan ini, sudah ada beberapa spesias satwa liar yang punah? Salah satunya adalah satwa dari Indonesia, Macan Jawa.

Padahal, di tahun 1800-an Macan Jawa sempat dianggap sebagai hama, karena jumlahnya yang cukup banyak. Tapi seiring dengan pertumbuhan populasi manusia, jumlah macan ini menurun. Dan hilang lenyap di tahun 1979.

Dan hal itu bisa terjadi lagi dan bahkan lebih gawat! Menurut para ilmuwan lingkungan hidup, di akhir abad ini kita bisa kehilangan 50% spesies yang ada di bumi.

Perburuan hiu, taring macan, gading gajah, pari manta, dan satwa liar lainnya, bila tidak segera dihentikan atau dikurangi dapat berakibat musnahnya keberadaan mereka di dunia ini.

Seperti apa gambaran tingkat bahayanya ancaman kepunahan satwa-satwa tersebut, dapat kamu saksikan lewat film dokumenter spesial bertitel “Racing Extinction” yang akan tayang pada 2 Desember 2015, di saluran berbayar Discovery Channel, pukul 20.00 WIB.

Sinopsis:
Film ini menampilkan para aktivis lingkungan yang menonjolkan dua ancaman besar yang dapat membahayakan kehidupan satwa liar di dunia.

Yang pertama datang dari perdagangan satwa liar yang diikuti dengan pandangan keliru mengenai manfaatnya sebagai obat mujarab atau tonik bagi manusia. Ancaman kedua datang dari sekeliling kita, yaitu, emisi karbon yang dapat membuat laut semakin asam, sehingga memusnahkan kehidupan di dalamnya.

Cerita dari Indonesia juga ada dalam ‘Racing Extinction’, mengenai perburuan pari manta yang sekarang ini sudah ada undang-undang pelarangan perburuannya lagi.

Louise Psihoyos sebagai sutradara dokumenter ini menyampaikan, “Film masih dapat menjadi senjata paling ampuh di dunia-senjata untuk konstruksi massal. Saya tertarik untuk mengubah pandangan orang lewat film dokumenter. Di film ini, kami menggunakan nilai kualitas produksi tertinggi, dan kumpulan aktivis lingkungan untuk membantu menimbulkan kesadaran lagi akan isue penting ini.”

Tambahnya, “Dengan proyek ini, saya ingin menghadang masalah penting bumi ini, yaitu musnahnya keragaman spesies. Semoga dengan film yang menyentuh ini dan kampanye lingkungan yang tak pernah henti, kami ingin membuat gerakan perubahan.”

Racing Extinction
Sutradara: Louie Psihoyos
Produser: Fisher Stevens, Olivia Ahnemann
Penulis naskah: Mark Monroe
Penata musik: J. Ralph
Durasi: 94 menit

[teks @bartno | foto David Doubilet]

SHARE