Tips memberikan obat anak yang aman dan efektif

0
95

Memberikan obat pada anak memang bisa bikin gugup. Apa Anda yakin sudah memberikan dosis yang tepat? Bahaya apa yang mungkin terjadi pasca pemberian obat? Gimana, ya cara memberikannya yang benar?

Pediatris dan salah satu anggota American Academy of Pediatrics di California, dr. Christina Vo memaparkan tips memberikan obat yang tepat dan efektif, serta aman. Ini dia!

Pastikan dosis yang tepat
Kesalahan umum yang orangtua sering lakukan saat memberikan obat adalah dosis yang salah. Seringkali bingung antara menggunakan sendok teh dan sendok makan, atau seberapa sering memberikannya. Baca keterangan secara detil, termasuk jumlah takaran. Ingat beberapa dosis ditentukan berdasarkan berat badan bukan usia anak.

Gunakan perangkat yang benar
Untuk memastikan Anda memberikan dosis yang tepat, gunakan sendok atau pipet yang tersedia di dalam kemasan obat. Jangan gunakan sendok makan dapur untuk mengukur takaran obat karena tidak akurat.

Kenali aturannya
Ikuti aturan di kemasan untuk mengetahui Anda memberikan obat yang tepat. Misalnya, tau pemberian obat diberikan saat perut kosong atau tidak, masukkan obat ke lemari es bila perlu, dan pastikan jarak pemberian obat.

Beri obat perlahan 
Anak-anak biasanya segan meminum obat, apalagi jika rasanya pahit. Salah satu cara adalah membeli obat yang memiiki rasa, atau tanyakan farmasi untuk sedikit memberi perasa pada obat resep (jika diperbolehkan oleh dokter). Anda juga bisa bertanya pada dokter atau farmasi apakah diperbolehkan mencampur obat dengan susu formula, makanan atau ASI.

Berikan obat antara lidah dan pinggir mulut – bukan di bagian belakang tenggorokan karena bisa menyebabkan tersedak.

Bertanya dan bertanya 
Jangan ragu untuk bertanya pada dokter dan farmasi tentang obat yang diberikan pada anak, apa isinya, bagaimana efek sampingnya, berapa dosisnya dan berapa lama interval pemberian obatnya, juga apakah obat bisa dicampur dengan makanan atau susu. [teks Mindy Paramita/babycenter.com | foto mamaexperta.com]

Sumber:

Cosmopolitan

SHARE