Joko Anwar bercerita tentang awal kecintaannya dengan dunia film

0
301
Joko Anwar

Jerih payah Joko Anwar sebagai sutradara mendapat ganjaran terbaik di Festival Film Indonesia 2015, sebagai Sutradara Terbaik. Ternyata, perjalanan hidupnya berkutat di dunia film, dimulainya sejak kecil.

Lewat program Brava Sunset dari 103.8 FM Brava Radio, sepekan lalu, Joko Anwar menceritakan awal kesukaannya kepada film.

“Saya hidup di lingkungan yang tidak kondusif untuk seorang anak tumbuh berkembang. Saya tidak bisa bergaul sama anak-anak di sekitar saya. Bayangin saja, di umur 14 tahun itu banyak yang sudah menikah, hamil, menghamili, atau masuk penjara,” cerita Joko Anwar dengan serius.

“Makanya saya mencoba mencari cara untuk kabur dari realita. Saya menemukan dunia-dunia lain saat menonton di sebuah gedung bioskop yang namanya Remaja Teater. waktu itu saya nonton dengan tidak membayar tiket, karena tidak punya duit, jadi nontonnya lewat lobang angin.” Lanjut Joko Anwar, “Jadi semua film saya tonton, film apa saja, tidak memilih genre apa. Jadi sekarang bikin semua genre. Tapi yang paling melekat di hati itu, yang bergenre horror”.

Film tetap menjadi passion-nya meski Joko harus menjadi mahasiswa jurusan Aerospace Engineering di ITB untuk kuliahnya. Setelah lulus, kesempatannya kembali ke dunia film muncul. Ia menjadi wartawan sebuah harian dan banyak meliput mengenai film.

“Pada suatu hari, saya meng-interview Nia Dinata, dan kawan-kawannya, ternyata kita malah berdiskusi tentang script writing, dan mereka bertanya ‘kok bisa ngomongin soal script writing’, baru saya bilang, saya juga seorang penulis script,” kata Joko Anwar.

“Terus, saya juga kasih lihat beberapa halaman script Janji Joni. Teh Nia suka, dan akhirnya dia ngajak saya nulis script ‘Arisan’ bareng. Setelah itu, dia produce ‘Janji Joni’ dengan saya sendiri yang direct,” tambahnya lagi.

Film Arisan mendapat 5 Piala Citra dalam Festival Film Indonesia 2004, Best Movie di MTV Indonesia Movie Awards, dan penghargaan lainnya di dalam dan luar negeri.

Untuk Janji Joni, film perdananya sebagai sutradara, Joko Anwar mendapatkan juga banyak penghargaan, di antaranya; Best Movie MTV Indonesia Movie Awards 2005, Best Director Bali International Film Festival 2005, dan banyak lainnya, termasuk 2 Piala Citra tahun 2005.

Bagi Joko Anwar, setiap film yang ia bikin selalu ada pesan moralnya. Dan karyanya yang terbaru yang bisa segera disaksikan adalah serial Tv HBO, Halfworlds pada 29 November 2015. [teks Jane Gunawan | foto Ist]

SHARE