5 alasan bisa terlambat datang bulan

0
124

Telat datang bulan memang bisa menjadi pengalaman mengerikan jika Anda belum merencanakan kehamilan. Sebenarnya, normal jika perempuan mengalami telat datang bulan karena beberapa alasan selainĀ hamil.

1. Lingkaran siklus Anda mungkin berbeda dari bulan ke bulan. Ini berarti, periode datang bulan yang lalu bisa hanya 24 hari lamanya, dan bulan ini menjadi 32 hari. Saat menstruasi belum datang di waktunya, kemungkinan karena tubuh belum menyelesaikan siklusnya.

2. Stres juga bisa menyebabkan ovulasi lebih lambat dari biasanya. Anda bisa berovulasi lebih telat satu minggu dari biasanya bahkan melewati menstruasi satu bulan penuh

3. Sakit atau luka. Jika tubuh dalam kondisi tidak ok, maka tubuh akan ovulasi saat membaik. Ini bisa menyebabkan telat datang bulan.

4. Kurang makan atau berolahraga terlalu intens juga bisa menyebabkan datang bulan terlambat. Jika tubuh bekerja terlalu lelah dan sebanding dengan asupan, tak mungkin kehamilan akan datang.

5. Anda baru saja meminum obat baru? Beberapa obat memang bisa menyebabkan datang bulan terlambat. Hubungi dokter jika hal ini menyebabkan Anda tidak datang bulan sama sekali.

Masih ragu dengan keterlambatan haid? Jika memang Anda secara konsisten datang bulan tak pernah terlambat, kunjungi dokter jika kali ini berbeda. [teks Mindy Paramita/popsugar.com | foto infertility.org]

Sumber:

Cosmopolitan

 

SHARE