Hindari anak dari 5 produk rumah yang mengandung alkohol ini

0
128

Tahukah G-Readers, bahwa para ahli mengungkapkan harus mengunci tempat untuk menyimpan berbagai produk cairan rumah, agar mengurangi resiko anak terkontaminasi oleh alkohol.

Ada beberapa produk di rumah kamu yang mengandung alkohol, dan sebagian produk tersebut memiliki kandungan alkohol yang lebih tinggi dibandingkan vodka.

“Saat banyak orang berpikir tentang alkohol di dalam rumah, mereka berpikiran tentang liquor, beer, wine, dan hal semacamnya,” kata Savithiri Ratnapalan, MBBS, MRCP, associate professor di Dalla Lana School of Public Health dan staff physician di The Hospital for Sick Children, keduanya berada di Toronto.

Menurut Ratnapalan, balita dan anak-anak kecil pernah secara tidak sengaja menelan produk yang mengandung alkohol,

“Mereka mungkin meminum pembersih mulut karena wanginya. Walaupun hanya menelan sedikit alkohol ke dalam tubuh kecil mereka, hal itu dapat menyebabkan masalah kesehatan yang berbahaya, hingga berujung pada kematian,” jelas Ratnapalan.

“Dalam kasus yang paling sering terjadi, para remaja sengaja minum beer atau liquor untuk mengatasi rasa stress mereka,” tambah Ratnapalan seperti yang dilansir safebee.

Berikut 5 produk di rumah yang mengandung alkohol:

1. Obat batuk sirup: Obat batuk sirup mengandung alkohol dan dextromethorphan. Jika diminum tidak sesuai dosis dan sedang tidak sakit, akan menyebabkan halusinasi, mengganggu pernapasan, dan komplikasi jantung.

2. Pembersih mulut: Beberapa produk pembersih mulut mengandung 20 atau 25 persen alkohol.

3. Hand sanitizer: Pembersih tangan mengandung 45-95 persen alkohol.

4. Parfum dan cologne: Kedua produk ini mengandung kadar alkohol yang tinggi, biasanya dari 55 sampai 99 persen.

5. Cairan pembersih kaca: Produk ini bisa menyakitkan dan mematikan bagi banyak remaja. Cairan ini mengandung methanol, dan mengandung alkohol yang dapat berakibat fatal jika tertelan tubuh.

Para orangtua harus berbicara kepada anak-anak mereka tentang bahaya jika menelan atau mencicipi produk tersebut. [teks Jane Gunawan/safebee | foto safebee]