5 hal tentang debu yang kamu tidak ketahui

0
211

Dengan menggunakan electron microscopes, alat DNA dan alat lainnya, peneliti melihat sebuah debu dan menemukan hal yang menarik darinya. Contohnya, bakteri dalam debu dapat memprediksi jumlah laki-laki dan wanita yang ada dalam rumah. Debu dapat membuktikannya hingga 92% tingkat keakuratan.

Dalam studi dari 3 universitas, termasuk North Carolina State University (NC State), peneliti bertanya kepada lebih dari 1,100 penghuni rumah untuk mengusap debu dari pintu dan layar komputer, dan masih banyak tempat lagi untuk debu menempel.

Hasil dari tes DNA membuktikan, debu dari masing-masing penghuni rumah mengandung sebanyak 2,000 jamur dan 5,000 bakteri.

“Kami menemukan 10,000 bakteri yang semua orang tidak mengetahuinya, mereka bahkan tidak memiliki nama,” kata NC State biologist, Robert Dunn, PhD, co-author dari penelitian ini.

Apa itu debu? Debu merupakan partikel yang dibuat oleh manusia atau hewan, seperti bangkai serangga, benang-benang atau fiber dari baju. Jamur yang ada di dalam debu datang dari luar dan menempel di debu.

Dan berikut 5 hal tentang debu yang sepertinya G-Readers belum ketahui:

1. Bisa memberitahu berapa jumlah pria dan wanita di dalam rumah
Bakteri pria lebih banyak dibandingkan wanita. Jadi, debu yang ada di rumah yang banyak prianya akan lebih banyak. Demikian juga, sebuah bakteri yang ada di dalam rumah yang memiliki penghuni wanita, jumlahnya lebih sedikit.

2. Mengandung bakteri dari luar rumah
Faktanya, bakteri dari dalam rumah lebih beragam. Kenapa? Karena, masing-masing penghuni rumah membawa masuk bakteri yang bermacam-macam, baik dari kantor atau tempat umum. Bakteri dari luar biasanya tertiup oleh angin sehingga menempel di tubuh manusia.

3. Debu yang ada di kloset dan di sarung bantal kurang lebih memiliki kesamaan
“2 kontributor yang paling besar di dalam rumah adalah kulit manusia dan lantai yang ada di dalam rumah, ” jelas co-author, Albert Barbaran, peneliti dari Universitas Coloradp Boulder, departemen ecology and evolutionary biology.

“Bakteri yang ada di kloset dan sarung bantal hampir sama, karena keduanya memiliki banyak bakteri dari kulit manusia,” tambah Barbaran.

4. Jamur dalam debu dapat menjawab di mana kamu tinggal
Jamur debu dapat memberitahu para scientist, berapa ratus kilometer, dan di mana rumahmu berada.

5. Debu mengandung pembunuh hama
Para peneliti menemukan bahwa debu mengandung DDT, sebuah pembunuh hama yang dilarang di United State pada beberapa dekade ini.

[teks Jane Gunawan/ safebee | foto safebee]

SHARE