Adele dituduh plagiat

0
141

Adele mungkin merupakan salah satu penyanyi tersukses di dunia saat ini. Namun bukan berarti perjalanan karir pelantun lagu ‘Hello’ ini selalu mulus. Baru-baru ini, Adele dituduh melakukan plagiat lewat lagu berjudul “Million Years Ago” yang termasuk dalam album ’25’.

Tuduhan tersebut datang dari para fans Ahmet Kaya, penyanyi asal Turki yang telah meninggal dunia. Menurut para fans tersebut, lagu “Million Years Ago” milik Adele merupakan sebuah rip-off dari lagu Ahmet Kaya yang dirilis tahun 1985 silam berjudul “Acilara Tutunmak”.

Fans dari Ahmet Kaya menyebutkan bahwa “Million Years Ago” memiliki nada yang mirip dengan “Acilara Tutunmak”. Beberapa pengguna media sosial pun menuduh Adele mencuri nada-nada melankolis dari penyanyi yang meninggal di Perancis pada tahun 2000 itu.

Walaupun demikian, istri Ahmet, Gulten Kaya, meragukan tuduhan yang menyebut Adele mencuri lagu dari suaminya. Menurut Gulten, Adele adalah seorang bintang internasional dan tak mungkin melakukan hal itu. “Meski begitu, jika Adele melakukannya secara sadar, itu baru mencuri,” ujarnya seperti dikutip dari harian Turki, Posta.

Dalam sebuah interview dengan Anadolu, kritikus musik asal Turki, Naim Dilmener, setuju bahwa ada beberapa kemiripan antara kedua lagu, tapi tidak terlalu banyak. “Lagu Ahmet adalah nada-nada yang mudah. Aku rasa Adele tidak mendengarkan lagu Ahmet kemudian menirunya,” kata Dilmener. Sementara itu, hingga saat ini juru bicara Adele belum memberi komentar apapun terkait tuduhan tersebut. [teks @YDP_Hardrock] [foto Playbuzz]

Sumber:

Hardrock FM

SHARE