5 asupan yang dapat membuatmu darah tinggi

0
124

Tidak hanya garam yang membuat kamu darah tinggi. Namun, ada makanan lainnya yang bila tidak diperhatikan asupannya dapat membuatmu darah tinggi.

“Perhatikan, asupan apa saja yang masuk ke dalam tubuhmu,” kata Joan Salge Blake, RD, seorang clinical associate professor di Boston University dan penulis dari buku “Nutrition and You”.

“Saat berbicara tentang asupan dan tekanan darah, tidak ada satu makanan atau minuman pun yang apabila dikonsumsi berlebihan tidak berdampak buruk untuk tubuhmu,” jelas Blake.

Namun, jika kamu ingin menghindari agar tidak darah tinggi, kamu wajib untuk meghindari mengonsumsi makan dan minuman di bawah ini:

1. Alkohol: Orang yang memiliki darah tinggi, seharusnya tidak meminum alkohol secara berlebihan. Namun, menurut Mayo Clinic, apabila diminum dengan dosis sedikit, alkohol dapat membantu menurunkan darah tinggi.

2. Gula: Menurut Blake, jika berat badanmu bertambah, makan tekanan darahmu juga ikut meningkat. Jadi, jika kamu selalu menambahkan gula di minuman, atau makananmu, ini akan berdampak untuk tekanan darahmu.

3. Kopi: Tentu saja, kopi mengandung kafein. Kafein berdampak bagi tekanan darahmu, tergantung berapa banyak kamu mengonsumsi dan seberapa sering kafein masuk ke dalam tubuhmu. Menurut Mayo Clinic, kafein dapat meningkatkan tekanan darah sebanyak 10mm Hg [milimeters of mercury] pada orang yang jarang mengonsumsinya, tapi untuk para pecinta kopi yang tiap hari mengonsumsinya, hal ini tidak akan begitu berdampak untuk tekanan darahnya.

4. Daging siap saji: American Journal of Clinical Nutrition menemukan para wanita yang mengkonsumsi daging siap saji sebanyak 5 atau lebih dalam seminggu, dapat meningkatkan tekanan darah sebesar 17%, dibandingkan mereka yang hanya mengonsumsi daging ini 1 kali dalam seminggu.

5. Makanan siap saji: Makanan ini termasuk, burger, sandwiches, pizza, atau makanan apapun yang telah dibekukan. Cobalah untuk memasak sendiri semua makanan, karena hal ini akan menghindari kamu dari darah tinggi.

[teks Jane Gunawan/safebee | foto safebee]

SHARE