Makanan yang dapat meningkatkan daya ingat

0
128

Cukup tidur, berolahraga, bahkan bermain permainan otak yang bertujuan untuk melatih daya ingat, dapat membantu kesehatan otak, dan daya ingat yang tajam sesuai dengan umurmu, G-Readers.

Jadi, apa yang harus ada di menu makanan atau minuman agar dapat membantu meningkatkan daya ingat? Berikut adalah makanan yang dapat membantu kamu terjauh dari pikun:

1. Kunyit
Penelitian terbaru membuktikan bahwa kunyit dapat menjaga daya ingat. “Peningkatan daya ingat ini dapat terjadi sebanyak 10%. Memang, mengonsumsi kunyit adalah sebuah keuntungan,” kata Mark Wahlqvist, MD, pemimpin dari penelitian dan ketua pengobatan medis di Monash University di Melbourne, Australia.

2. Bayam
Sayuran yang berwarna hijau tua, biasa disebut sebagai “super food“, karena sayuran ini kaya akan nutrisi.
Menurut Martha Clare Morris, ScD, seorang epidemiologist yang mencegah terjadinya Alzheimer dalam MIND diet, “sayuran hijau secara perlahan akan mencegah pikun”.

3. Cocoa
Cocoa kaya akan antioxidant yang disebut flavonols, kandungan ini membantu memperlambat kepikunan yang dikarenakan faktor umur. Sebuah studi science di Columbia University menggunakan MRIs dan tes daya ingat untuk menilai efek dari kandungan flavonols dari cocoa.

Dalam 3 bulan, orang berusia 50-69 tahun ikut dalam tes ini. Dibagi menjadi 2 grup, grup pertama mengonsumsi 900 milligrams cocoa flavonols setiap hari, dan grup kedua mengkonsumsi 10 milligram setiap harinya.

Hasilnya, grup yang mengonsumsi cocoa dengan kadar yang tinggi, memiliki hasil tes yang sangat baik, tidak hanya itu daya ingat mereka juga membaik.

4. Berries
Untuk meningkatkan daya ingat, konsumsilah buah berries sebagai menu makanan sehari-harimu. Penelitian dari National Institute of Mental Health, mengungkapkan bahwa buah blueberries sangat baik untuk kesehatan otak.

Jangan terlalu lama menaruh buah ini di dalam lemari es, karena hal ini dapat membuat kandungan yang baik dalam blueberries akan rusak. Jika kamu membelinya, segeralah makan atau dibuat jus.

[teks Jane Gunawan/safebee | foto getupdates.tv]

SHARE