The 33, kisah penyelamatan penambang yang terkubur hidup-hidup

0
180

Film The 33 didasarkan pada kisah nyata yang terjadi di Chili pada Agustus 2010 lalu. Sebuah kisah penyelamatan para penambang yang terjebak di kedalaman 200 meter di bawah tanah.

Film bertemakan survival drama ini disutradarai oleh Patricia Riggen dan dibintangi oleh Antonio Banderas, Rodrigo Santoro, Lou Diamond Phillips, dan beberapa aktor dan aktris berpengalaman lainnya.

Sebelum proses syuting dimulai pada Februari 2014, Riggen mewawancarai setiap penambang dan keluarganya. Alhasil film The 33 berhasil menyentuh rasa haru saya, dan arti pentingnya keluarga.

Kisah diawali oleh suatu acara makan bersama para penambang yang bekerja di San Jose Mine, Chili. Mereka terlihat kompak dan saling bercanda. Suasana bahagia tergambar di adegan awal ini.

Mario meminta hari kerja tambahan kepada Don Lucho, dan Alex ditawari pekerjaan baru oleh temannya yang ia tolak. Sebuah pertanda bencana akan tiba, yang mereka tak ketahui.

the-33-01

Don Lucho sebenarnya sudah menyadari ada ketidakberesan dalam struktur tambang yang berusia lebih dari 120 tahun ini. Sebelum memulai kerjanya di hari itu, ia bersikeras untuk melakukan pengecekan keselamatan sebelum melakukan penambangan lagi. Tetapi apa daya, sang pemilik memastikan tak akan ada apa-apa.

Benar saja setelah kendaraan truk mereka membawa ke dalam lubang terdalam, runtuh mulai terjadi. Mereka bergegas menyelamatkan diri menuju ruang perlindungan. Don Lucho menghitung satu persatu yang berhasil masuk ruang perlindungan ini, dan ternyata lengkap 33. Seluruh penambang ada di sini.

Jalan keluar utama tertutup batu seberat dua kali gedung Empire State di Amerika. Jalan keluar lainnya lewat tangga menuju atas, ternyata tak pernah dibuat selesai. Harapan 33 penambang hanya ada di usaha penyelamatan dari luar sana. Dan mereka harus mengatur ketersediaan makanan dan minuman yang cuma disediakan untuk 3 hari saja. Dipimpin oleh Mario, mereka hanya makan sehari sekali dengan porsi yang sedikit.

the-33-06Dari luar, para keluarga penambang menuntut dengan segera dilakukan penyelamatan. Lewat perjuangan itu, proses evakuasi baru bisa dimulai di hari kedua, dengan pertanyaan besar apakah mereka semua selamat?

Perjuangan dan doa terus dilakukan semua tim penyelamat dan keluarga. Sementara di dalam, setelah mereka mendengar adanya harapan dari suara bor yang terus mencari mereka, semangat tumbuh lagi.

Di perjamuan terakhir para penambang di bawah sana. Mereka menikmati dengan penuh suka. Riggen menggambarkan khayalan terbaik mereka; Mario didatangi istri tercintanya, yang lain mendapatkan makanan favorit dari keluarganya. Di adegan ini, dijamin G-Readers bakal tertawa.

Harapan mulai nyata di hari ke-17 saat bor akhirnya berhasil menembus ruang perlindungan. Sehelai surat diikatkan di mata bor. Dan para penyelamat menyadari bahwa mereka semua masih hidup lewat surat itu yang bertuliskan “We are well in the shelter, the 33 of us”.

the-33-02

Kegembiraan hadir dan menyebar ke seluruh dunia. Bantuan penyelamatan datang dari segala penjuru. Media dunia memberitakan kisah penyelamatan ini, dan penambang mulai mendapatkan asupan tambahan lewat kapsul makanan yang diselundupkan ke dalam.

Harapan mereka meninggi, tetapi itu tetap saja masih belum pasti. Sejarah tambang ini mengatakan sebelumnya pernah terjadi beberapa kali longsor, dan mungkin saja akan terjadi longsor susulan.

Bagaimana ke-33 penambang saling memberikan semangat satu sama lain, begitu juga para penyelamat? Meski akhirnya mereka semua berhasil diselematkan di hari ke-69. Riggen memgambarkan proses itu dengan baik, dan kamu seolah menjadi bagian dari keluarga mereka.

Di akhir film, kamu akan menemui wajah-wajah asli ke-33 penambang itu. Yang hingga kini mereka tetap menjadi sebuah keluarga besar yang saling mencintai.

 

Sutradara, Patricia Riggen
Penulis, Mikko A, Craig B, Michael T
Produksi, Warner Bros, Pictures
Durasi, 127 menit
Pemeran:
Antonio Banderas [“Super” Mario Sepulveda]
Rodrigo Santoro [Menteri Laurence Golborne]
Juliette Binoche [Maria Segovia]
Lou Diamond Phillips [Luis “Don Lucho” Urzua]
Mario Casas [Alex Vega]
Juan Pablo Raba [Dario Segovia]
Kate del Castillo [Katy Valdivia]
Jacob Vargas [Edison “Elvis” Pena]
Bob Gunton [Presiden Sebastian Pinera]
Gabriel Byrne [Andre Sougarret]
Naomi Scott [Escarlette Sepulveda Valdivia]
Oscar Nunez [Yonni Barrios]

[teks @bartno | foto ist]

SHARE