Kiat mengatasi jalur menanjak

0
93

Salah satu tantangan dalam olahraga sepeda adalah dalam menghadapi jalur menanjak. Tantangan itu akan lebih mudah dihadapi jika Anda tahu triknya.

Medan tanjakan saat bersepeda memang menguras energi. Apalagi, jika trek yang dilalui adalah wilayah pegunungan. Tapi, dengan teknik yang benar, Anda bisa meminimalisir rasa lelah saat melahap tanjakan.

Berikut ini kiat mengatasi jalur menanjak agar tidak cepat lelah:

Manfaatkan berat badan
Saat melibas tanjakan, Anda dapat menggunakan berat badan untuk menginjak pedal dengan posisi sedikit berdiri. Teknik ini akan menghasilkan tenaga yang lebih besar.

Condongkan badan ke depan
Condongkan badan ke depan untuk memberikan tenaga ekstra pada kayuhan Anda. Sesuaikan sudut badan dengan kemiringan jalan.

Atur napas
Anda harus bernapas teratur untuk menjaga kekuatan tubuh saat menggowes sepeda di tanjakan agar Anda tidak kehabisan tenaga sebelum sampai ke puncak tanjakan.

Jaga keseimbangan
Jaga keseimbangan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Di jalan menanjak, Anda butuh konsentrasi tinggi dan lakukan dengan hati-hati.

Menanjak dengan zig-zag
Bila ini adalah pengalaman pertama Anda bersepeda gunung, menanjaklah dengan alur zig-zag. Itu akan mengurangi tarikan gravitas bumi sehingga beban Anda saat menanjak terasa lebih ringan.

Jaga emosi
Menjaga emosi diperlukan untuk mengatur kesabaran Anda saat menanjak. Bila Anda terlalu bernafsu dan terburu-buru, Anda justru akan cepat lelah, bahkan bisa muntah karena terjadi kontraksi di perut.

Jangan memaksakan diri
Meski Anda yakin bisa menanjak hingga ketinggian tertentu, jangan memaksakan diri. Sebaiknya ambil waktu beristirahat bila tubuh Anda sudah kepayahan.

[Sumber: Fitness for Men | Foto: Mountainbikeworldwide.com]

Brava

SHARE