Saat nenek kakek berkunjung, aturan siapa yang berlaku?

0
121

Saat musim liburan tiba, keluarga pun berkumpul untuk merayakan bersama Anda. Tak ketinggalan orangtua Anda (atau mertua) datang untuk berkunjung dan menginap. Nah, saat seperti ini, bagaimana aturan yang telah ditetapkan untuk anak? Aturan siapa yang akan berlaku, Anda atau mereka? Simak tipsnya, berikut!

Rumah Anda, aturan Anda
Ya, saat berada di rumah, aturan Anda tetap berlaku. Kenapa? Karena anak-anak sudah terbiasa dengan aturan di rumah, dan menghormati Anda sebagai Ibu dan pembuat aturan. Nenek kakek tentu bisa mengingatkan satu atau beberapa hal, namun apa yang sudah ditetapkan di rumah, baiknya mereka juga bisa mengikuti.

Saling menghormati 
Sebagai anak, tentu Anda juga harus menghormati mereka sebagai orangtua. Ada baiknya sebelum mereka datang untuk berkunjung atau menginap, sempatkan menjelaskan kepada mereka aturan yang sudah Anda buat pada anak agar mereka tidak tersinggung sesampainya di tempat. Jika nenek kakek menghormati peraturan yang dibuat Ibu, anak pun akan demikian.

Tak perlu terlalu kaku
Anda mungkin punya aturan dasar yang tak boleh diutak atik. Tapi jangan juga terlalu kaku. Kasih kesempatan orang tua untuk bisa menyampaikan nasehat atau memberi pencuci mulut sedikit lebih banyak dari biasanya sebagai tanda perhatian mereka. Buat liburan lebih menyenangkan dengan kehadiran mereka. Happy holiday! [teks Mindy Paramita/popsugar.com | foto devoredesign.com]

Sumber:

Cosmopolitan

 

SHARE