Star Wars: The Force Awakens – Kejutan baru dari saga legendaris

0
123

The most awaited series of all time is here, G-Readers! Star Wars: The Force Awakens resmi diluncurkan oleh The Lucas Film dan dijadwalkan tayang serentak di bioskop di seluruh dunia pada 18 Desember, 2015.

The Force Awakens berhasil menghadirkan suasana nostalgia bagi all-time-fans seri Star Wars tanpa membuat peminat baru saga karya George Lucas tersebut merasa tersingkir.

The Force Awakens juga berhasil memberikan kejutan-kejutan nostalgic yang bisa menjadi discovery baru bagi penonton Star Wars pertama kali.

Keunggulan efek visual The Force Awakens tak diragukan lagi. Bersama kolaborasinya dengan penulis cerita Lawrence Kasdan, Abrams kembali menunjukkan otentisitasnya dalam menarasikan kelanjutan kisah perseteruan the dark and the light side.

Melalui trailer, lightsaber terlihat mengalami modifikasi bentuk. Namun perubahan tersebut tak menghilangkan nilai legendaris lightsaber sendiri sebagai senjata andalan dalam pertarungan one-on-one khas Star Wars.

Tak ketinggalan, blaster dan Millenium Falcon milik Han Solo yang juga mengalami perubahan tetap mampu menjadi pelengkap iconic Star Wars.

Efek visual untuk setting menjadi kesuksesan tersendiri di The Force Awakens. Setiap scene dengan efek yang ‘ramai’ tak mengurangi narasi cerita dan tetap menghanyutkan hingga transisi scene selanjutnya.

Dalam berbagai scene pertarungan, sentralitas karakter baik sebagai hero maupun villain terasa kental dengan fokus yang sempurna tanpa mengurangi jangkauan pemandangan latar belakang.

Kekhawatiran sebagian penggemar atas akuisisi Disney terhadap Lucas Film yang akan memengaruhi kualitas The Force Awakens, terjawab negatif dengan berbagai detail iconic Star Wars yang digambarkan dengan tetap epik.

Kolaborasi Abrams dan Kasdan meramu cerita The Force Awakens terasa lengkap dengan tetap terasanya watak khas masing-masing karakter lama.

Wajah baru di The Force Awakens seperti Daisy Ridley dan John Boyega berhasil tampil setara dengan karakter-karakter legendaris Stars Wars seperti Chewbacca, C-3PO, Han Solo, dan Princess Leia. Demikian pula dengan tokoh droid baru, BB8, yang menjadi droid sentral saat R2D2 tak tampil signifikan dalam The Force Awakens.

Tak ketinggalan, trio aktor The Raid, Iko Uwais, Yayan Ruhiyan, dan Cecep Arif Rahman, melengkapi kebanggaan Star Wars lovers tanah air dalam menikmati The Force Awakens.

Dalam pemutaran perdana The Force Awakens di Jakarta, Iko mengaku berasa mimpi bisa melihat hasil kolaborasinya dengan sutradara sekaliber Abrams. Melengkapi penuturan rekannya, Yayan mengungkapkan, ‘bungkam’ yang dilakukannya bersama Iko dan Cecep selama dua tahun ini setimpal dengan apa yang dihasilkan.

“Berbagai penasaran selama dua tahun, akan terbayar malam ini,” kata Yayan menjelang pemutaran perdana The Force Awakens di Senayan City, Jakarta Selatan, pada Selasa, 16 Desember, 2015.

Efek dan cerita yang dihadirkan Abrams dalam The Force Awakens membawa kesan segar untuk seri saga yang sudah berusia hampir 4 dekade ini. Jangan takut atau ragu untuk menjadi noobie fans Star Wars dari The Force Awakens! [teks Ismi Damayanti | foto Starwars]

SHARE