Abarth 695 Biposto, supercar paling mungil

0
161

Untuk merayakan 50 tahun pemecahan rekor akselerasi, Abarth meluncurkan edisi terbatas Biposto 695.

Pada 1965, Carlo Abarth memacu Fiat Abarth 1000 Record di Sirkuit Monza, Italia, dan memecahkan rekor akselerasi tercepat. Setengah abad kemudian, meluncurkan Abarth edisi terbatas Biposto 695 untuk mengenang rekor tersebut.

Biposto 695 limited edition dibalur warna mencolok yang dibanderol seharga USD 55,663. Edisi terbatas ini akan dibangun dan distribusikan di seluruh dunia hanya 133 unit saja. Biposto yang hanya diproduksi 133 unit ini menunjukkan angka sama dengan torehan yang dipegang Abarth.

Edisi Biposto 695 terbatas berbalut warna modena yellow eksklusif yang dihiasi dengan trim ‘Tar Gold Grey’ dan terdapat lencana bertuliskan “695 Record” pada sisi mobil dan kap mesin aluminium, yang menunjukkan seri terbatas seperti mobil limited edition Abarth lainnya.

Kalau kita melihat tampilan luar, sekilas terlihat sama seperti Abarth 695 Biposto biasa, namun pada versi ini yang membedakan adalah mobil diguyur dengan warna kuning “Giallo Modena” yang juga digunakan pada supercar Ferrari.

Merek berlambang Scorpion ini juga turut menyematkan velg OZ alloy 18 inci, rem Brembo besar dan knalpot Akrapovic yang bersuara gahar. Sedangkan di dalam kabin terdapat alat khusus untuk animasi panel, sabelt carbon shell seat, empat titik sabuk pengaman, jaring kargo, dan plate bernomor unik.

Nah versi Record ini didukung oleh jantung meknis yang sama dari edisi regular yakni mesin Turbo T-Jet 1.4L-16 valve yang menyemburkan tenaga 190 hp pada 5.500 rpm dan dorongan torsi puncak 250 Nm pada 3.000 rpm.

Total beratnya hanya 997 kilogram maka tak ayal kendaraan ini dikatakan sebagai ‘The Smallest Supercar’. Pabrikan mengklaim, untuk berlari 0-100 kpj hanya dalam tempo 5,9 detik saja dan top speed 229kpj. Performa tersebut turut disokong oleh mechanical self-locking differential yang dikombinasikan dengan manual synchromesh gearbox.

“Warna Yellow Modena yang menakjubkan adalah alasan yang cukup bagi siapa saja yang ingin memiliki 695 biposto Record. Tak hanya itu, performa mobil yang mengagumkan meski dengan standard equipment, sejarah yang luar biasa, dan fakta bahwa hanya 133 unit yang dibuat, membuat kami yakin bahwa inilah paket yang sesuai dengan para antusias Abarth.”ucap Gerry Southerington, Brand Manager Abarth Inggris.

[Sumber: Autocar Indonesia | Foto: Digital Trends]

Brava

SHARE