Tips liburan hemat dan nyaman

0
115

Akhir tahun memang saat yang tepat untuk mengisi dengan liburan. Baik dalam kota maupun luar negeri, bisa menjadi pilihan. Namun, hati-hati, jangan sampai keuangan jadi berantakan setelahnya. Diperlukan pengelolaan keuangan yang baik supaya Anda bisa berlibur dengan tenang, nyaman, dan tanpa hutang tentunya. Simak tipsnya, yuk.

Susun rencana liburan
Jika Anda termasuk orang yang mewajibkan liburan setidaknya sekali dalam setahun, berarti Anda perlu pos tabungan khusus liburan tiap bulannya. Liburan spontan akan mengakibatkan anggaran keuangan menjadi lebih besar dibanding yang sudah terencana.

Tujuan, waktu dan lama perjalanan 
Perhatikan dengan detil rencana tujuan. Untuk tujuan wisata yang jauh dan baru sekali dikunjungi, akan lebih baik jika menggunakan tur. Hal ini bisa menghemat biaya akomodasi sekaligus pengaturan waktu yang tentunya lebih tertata.

Bekal uang 
Selalu sisihkan dana darurat di tiap liburan Anda. Tapi ingat, dana darurat hanya digunakan untuk keadaan tak diduga (bukan untuk tambahan belanja, ya). Sediakan juga bekal uang di dua tempat yang berbeda untuk faktor keamanan. Jangan juga membawa terlalu banyak uang tunai. Jika Anda berlibur ke luar negeri, pastikan Anda sudah menukar mata uang sesuai dengan kebutuhan.

Sekarang, sudah siapkah Anda untuk liburan? Rajin melihat situs penerbangan juga bisa menghemat biaya akomodasi karena sering adanya promo untuk penerbangan baik domestik maupun luar negeri. Selamat berlibur! [teks Mindy Paramita/livingwell.co.id | foto blistree.com]

Sumber:

Cosmopolitan

SHARE