Mengenal 5G, seberapa hebat teknologi ini

0
167

Saat ini teknologi jaringan 4G adalah yang terbaik yang dimiliki para penyedia layanan komunikasi.

Dan sekarang, para peneliti jaringan komunikasi sedang mengembangkan 5G untuk menghasilkan jaringan telekomunikasi yang lebih cepat.

Apa itu 5G sendiri belum mendapatkan definisi yang disepakati. Menurut Bill Smith, president AT&T, “5G akan mendapat definisinya di tahun 2018, dan standar 5G akan ditetapkan pada 2019 oleh standards-setting International Telecomunication Union.”

Namun, seberapa canggih 5G dapat diterka melalui apa yang telah dilakukan pengembang teknologi ini dalam eksperimennya.

Bicara kecepatan, 5G diperkirakan akan 40 kali lebih cepat dari 4G. Sehingga cukup baik untuk streaming video 8K dan dapat mengunduh film 3-D hanya dalam 6 detik [kalau 4G bisa mencapai 6 menit].

Sedangkan Nokia mempercayai kecepatan di 5G nanti bisa mencapai 100 Mbps.

Tetapi kendala yang bakal dihadapi 5G adalah jarak transmisi data yang lebih pendek dan sulit menembus dinding. Itu karena, 5G menggunakan super-high frequencies 73,000 MHz. Bandingkan dengan sinyal jaringan sekarang yang berada di kisaran 700 MHz – 3,500 MHz.

Namun hal itu bisa diakali dengan menempatkan banyak menara pemancar mini di berbagai tempat.

Semua spekulasi mengenai keunggulan 5G itu, belum bisa terjawab sekarang-sekarang ini. Tapi yang pasti, eksperimen sebenarnya baru akan diuji coba di Korea Selatan yang bersamaan dengan penyelenggaraan Olimpiade Musim Dingin 2018. Dan penyebaran masalnya baru akan dilaksanakan di tahun 2020. [sumber CNN | foto techradar.com]

Brava

SHARE