5 cara ajarkan anak kontrol diri

0
158

Dengan kepintaran yang dimiliki anak seperti berjalan, berbicara dan berdiskusi dengan Anda, mungkin sering membuat Anda berfikir mereka cerdas dan mengerti. Namun, otak mereka belum sepenuhnya berkembang.

Anak belajar mengontrol diri dari pengalaman dan pengulangan, bukan tuntutan dan hukuman. Pengalaman tersebut berlangsung perlahan. “Anda tak bisa mengajarkan anak mengontrol keinginannya hanya dengan sekali belajar. Anda harus mengajarkan satu pelajaran di satu situasi dan waktu tertentu,” ujar Michele B, seorang pakar didik anak.

Berikut adalah 5 cara membantu anak belajar mengontrol diri:

  1. Bantu anak menyadari impulsnya karena hal itu bisa memengaruhi tindakan. Untuk membantu anak mengontrol diri, Anda harus bisa mengajarkan mereka tentang impuls dan sadar akan hal itu sebelum Ia melakukan sebuah kesalahan.
  2. Berikan strategi yang spesifik untuk kontrol. Jangan fokus pada kesalahan yang dibuat anak, tapi sampaikan apa yang Anda ingin Ia lakukan. Katakan, “Kamu tidak boleh main video game, terutama saat ada tamu.
  3. Jangan menghakimi. Anak butuh proses menerima dan menjalankan informasi. Jika Anda terkesan terlalu menguliahi, anak akan segan dan justru malah menutup diri serta tidak mau mendengarkan.
  4. Beri arahan singkat, lewat pernyataan dan kalimat instruksi.
  5. Repetisi adalah cara belajar efektif. Anak belajar lebih banyak dari pengalaman dibandingkan lewat verbal. Cara terbaik untuk meningkatkan belajar adalah dengan pengulangan. [teks Mindy Paramita/popsugar.com | foto zmescience.com]

Sumber:

Cosmopolitan

SHARE