Trik supaya tak kena computer vision syndrome

0
124

Sebagai pekerja kantoran atau G-Readers yang sering menggunakan komputer, laptop, atau gadget lainnya dalam beraktivitas harian, waspadai penyakit computer vision syndrome.

Computer vision syndrome adalah gangguan mata akibat penggunaan komputer terlalu lama. Gangguan ini bersifat sementara, dan obatnya cukup dengan istirahat saja.

Gejala kamu kena computer vision syndrome adalah, mata lelah, mata terasa perih atau terbakar, mata kering, silau, pusing, dan bahkan ada yang sampai muntah.

Menurut Dr. Ferdiriva Hamzah SpM. dari rumah sakit Jakarta Eye Center, “Pertanda itu merupakan warning bagi kita. Bila sudah muncul gejala itu, stop aktivitas di depan komputer. Istirahatkan mata dengan memandang ke arah yang lain [outdoor] atau tidur. Pasti bangun-bangun sudah segar lagi.”

Nah, untuk mencegah computer vision syndrome dan menjaga mata tetap sehat, berikut tips dari Dr. Ferdiriva.

1. Gunakan obat tetes untuk pelembab mata, sebelum kita melakukan kegiatan di depan komputer. Karena kalau kita di depan komputer itu suka lupa berkedip. Padahal normalnya dalam satu menit kita melakukan 17 kali kedipan, tapi bila di depan komputer jadi 7 kali. Apalagi itu dilakukan selama berjam-jam, pasti mata kita menjadi perih.

2. Lakukan 20-20-20 rules, yaitu: setiap 20 menit di depan komputer kita istirahatkan mata selama 20 detik, untuk melihat jarak 20 kaki atau sejauh 6 meter.

[teks @bartno | foto accentonvisionabq.com]

SHARE