Kata Iwan Fals ketika berkolaborasi dengan Nidji, Geisha, d’Masiv dan Steve Lillywhite

0
200

Album terbaru Iwan Fals bertitel ‘Satu’ telah meluncur di jagat musik Indonesia. Album ini merupakan kolaborasi Iwan Fals dengan beberapa band popular di tanah air.

Dalam program Satu Jam Bersama Iwan Fals milik 89.6 FM I-Radio Jakarta beberapa waktu lalu, Iwan Fals mengungkapkan apa rasanya berkolaborasi dengan para musisi ini.

“Kalau ditanya apa sih bedanya? Secara ringkas, kaya Giring, responsif banget, kalau ngomong ‘beb beb beb…’. Terus Momo Geisha, energinya luar biasa, kaya nggak cape-cape dia.”

“Lalu Ryan, saya nggak bikin lagu bareng sama dia, dia lagu yang sudah jadi. Tapi yang terasa. pas lagu saya digarap sama D’Masiv, itu ada part yang beda. Dia cukup keras mempertahankan prinsipnya itu. Akhirnya vokalnya Ryan nggak dipakai sama Lilly [Steve Lillywhite produser album ‘Satu’] karena nggak pas nyanyiin nada yang saya maksud. Dia bisa pas nyanyiin nada yang dia maksud. Tapi akhirnya nggak diambil, jadinya saya yang nyanyiin. Tapi begitu kena bagian dia, indah banget cara nyanyinya. Dan saat proses pembuatan syair idenya luar biasa.”

“Untuk Lilly ini pemusik yang ini lain lagi. Selama saya hadir di situ, ia pandai menjaga suasana kerja tinggi terus. Ini pelajaran yang penting bagi saya.”

Nah, album terbaru Iwan Fals ini sudah bisa G-Readers dapatkan secara digital ataupun fisik di toko-toko CD ternama. [teks @bartno | foto ist]

SHARE