Pesawat drone pertama berpenumpang manusia

0
228

Dalam pameran Consumer Electronic Show [CES] di Las Vegas yang berlangsung pekan ini, perusahaan asal China yang berbasis di Guangzhou, Ehang Inc mengklaim, perusahaannya adalah yang pertama membuat pesawat drone berpenumpang manusia.

Drone buatan Ehang Inc ini dinamakan Ehang 184. Memiliki bobot 100 kg dan mampu terbang selama 23 menit. Kabinnya punya kapasitas untuk satu orang dan satu ransel kecil. Dilengkapi pendingin udara dan lampu baca. Dan desain untuk pas dengan tempat parkir. Listrik digunakan sebagai tenaganya, dan butuh 2 jam untuk mengisinya.

Pesawat ini didesain untuk terbang di ketinggian 300 meter hingga 500 meter dari tanah, dengan top speed mencapai 100 km/jam. Rencana harga jualnya berkisar antara USD 200 ribu hingga USD 300 ribu.

Sebagai penumpang Ehang 184, Anda hanya bisa memberikan dua perintah, “take off” dan “land”. Selebihnya, kontrol terbang dan lainnya dilakukan perusahaan untuk menjamin keselamatan penumpangnya.

Sebagaimana dilansir The Guardian, chief marketing officer Ehang Inc, Derrick Xiong mengatakan Ehang 184 telah 100 kali diuji coba dengan manusia di dalamnya, dan selama ini aman.

Namun, Ehang Inc belum menentukan kapan drone berpenumpang manusia ini akan benar-benar dipasarkan. [teks @bartno | foto mikeshouts.com]

Sumber:

Brava

SHARE