#iniNegriku – A Visual Journey, sebuah buku perjalanan 9 fotografer Indonesia

0
196

Sebuah karya baru dari komunitas 1000kata [kumpulan para pewarta foto] hadir lagi dalam bentuk buku yaitu, #iniNegriku – A Visual Journey. Kali ini bukunya menceritakan perjalanan mereka menjelajah 10 lokasi di Indonesia, yaitu, Ternate – Tambulaka – Sumba, Berau, Waerebo – Ende, Sibolga – Sumatera Utara, Labuan Bajo – Bima, Putusibau – Pontianak, Sorong – Manokwari Jayapura, Langgur, Saumlaki – Ambon – Banyuwangi.

Buku #iniNegriku – A Visual Journey berawal dari mimpi sederhana 9 pewarta foto yang berbagi cerita tentang keindahan dan keragaman Indonesia melalui Instagram [IG], masing-masing menvisualisasikan keindahan Indonesia dengan cara yang berbeda.

9 pewarta foto itu adalah, Dita Alangkara [AP], Ahmad Zamroni [Forbes Indonesia], Prasetyo Utomo [Antara], Peksi Cahyo [Bola.com], Yuniadhi Agung [Kompas], Mast Irham [European Pressphoto Agency], Eddy Poernomo [Freelance], Sumaryanto Bronto [Media Indonesia], dan Beawiharta [Reuters].

Misi utama pembuatan buku ini yaitu kampanye bahwa fotografi merupakan salah satu media yang efektif dalam penyampaian pesan. Dengan fotografi, mata dan pikiran kita lebih terbuka untuk mengejawantahkan arti sebuah patriotisme. Karena untuk mencintai tanah air yang diperlukan bukan slogan dan celotehan tapi bagaimana mengenal Indonesia bersama rakyatnya dari dekat.

“Di dalam buku ini, kami hanya ingin menyampaikan pesan yang sederhana, bahwa Indonesia adalah negeri yang luar biasa kaya, indah, dan harus dijaga bersama karena keberagaman yang ada pada Indonesia lah yang membuat kita sangat kaya dan indah,” kata A. Zamroni, salah satu founder 1000kata.

Buku #iniNegriku – A Visual Journey mendapat dukungan dari Samsung dan Garuda Indonesia. Buku setebal 200 halaman ini, bisa G-Readers dapatkan di laman 1000kata, akun Twitter, dan instagram @1000kata. IDR 225.000 [soft cover] dan IDR 325.000 [hard cover]. [teks @bartno | foto dok. 1000kata]