Cerita inspiratif dua pemimpin daerah dalam talkshow ‘Inspiring Leader’

0
134

Mendengar kisah inspiratif dapat memperkuat tekad diri untuk mencapai mimpi. Apalagi bila kisah itu datang dari para Petinggi. Seperti kisah dua Bupati ini, yang berhasil mengangkat citra diri daerah yang dipimpinnya.

Dalam sebuah talkshow bertajuk ‘inspiring Leader‘ yang diadakan Citra Activation di Auditorium Pusat Studi Jepang, Fakultas Sastra, Universitas Indonesia, Rabu [13/01] kemarin, Bupati Bantaeng, Prof. Nurdin Abdullah dan Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi, bercerita tentang caranya memajukan daerahnya.

Bupati Bantaeng, Prof. Nurdin Abdullah
Semenjak kabupaten Bantaeng dipimpinnya selama dua periode, 2008-2013 dan 2013-2018, kabupaten yang berada di wilayah Sulawesi Selatan ini mulai unjuk gigi.

Dengan berfokus meningkatkan sektor pertanian sebagai unggulan sehingga kabupaten Bantaeng pun aman dari kekeringan. Selain itu, Bupati Nurdin pun mengusung Brigade Siaga Bencana lengkap dengan layanan call center yang menghadirkan pasukan kesehatan dengan moto ‘Siap Melayani Anda di Rumah’.

Juga, kabupaten Bantaeng menerapkan swadaya kesehatan bagi warganya dengan memiliki Rumah Sakit 8 lantai untuk membuat warganya tidak perlu repot untuk pergi ke kota Makassar sebagai ibukota Sulawesi Selatan.

Untuk sektor pariwisata, kabupaten Bantaeng pun tengah berbenah guna mempercantik diri. Dengan memiliki beberapa pantai yang indah seperti Pantai Marina Korong Batu, Pantai Lamalaka, Pantai Seruni, dan ke depannya kabupaten Bantaeng akan bersaing di sektor pariwisata tanah air.

Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi
Kali ini adalah periode keduanya menjabat sebagi Bupati Purwakarta [1: 2008-2013, 2: 2013-2018]. Bupati Dedi telah menunjukkan komitmennya untuk mengangkat kebudayaan Sunda menjadi jiwa dari kabupaten Purwakarta dengan menerapkan nilai-nilai luhur yang terkandung ke dalam kehidupan masyarakat Purwakarta.

Prestasi lain yang tak kalah penting adalah semangatnya membangun kota Purwakarta agar menjadi salah satu destinasi pariwisata untuk wilayah Jawa Barat dengan mempersembahkan 3 ikon dan karakter kabupaten Purwakarta, yaitu, Museum Diorama, Bale Panyawangan, Monumen Citra Resmi dan Taman Air Mancur ‘Sri Baduga’ Situ Buleud, yang merupakan Taman Air Mancur terbesar se-ASEAN.

Selain itu Bupati Dedi juga kerap menggelar ajang seni budaya tingkat internasional guna memperkenalkan budaya kabupaten Purwakarta kepada dunia.

Dari UI sendiri, Sosiologi Politik Universitas Indonesia, Prof. Dr. Hamdi Muluk, M.Si. memberikan apresiasi tinggi kepada kedua tokoh Bupati ini. Turut hadir pula dalam diskusi ini adalah Kepala Pusat Penelitian Politik LIPI, Syamsudin Haris yang sepakat dengan pendapat Dr. Hamdi, serta berharap semua pemimpin dapat menerapkan semangat dan komitmen yang sama.

Nah, lewat kegiatan diskusi ini, Citra Activation sebagai penyelenggara berharap acara ini menjadi wadah bertukar berbagai hal dan melihat perspektif pembangunan dan solusi permasalahan daerah dari kacamata pemimpin sekaligus ajang berbagi informasi, motivasi, dan cerita bagi para pemimpin daerah guna menunjukkan kualitas kepemimpinan di Indonesia untuk Indonesia ke depan yang lebih baik.

[teks @bartno | foto dok. Citra Activation]

SHARE