Mengenal dan mengatasi gangguan makan

0
127

Keinginan memiliki tubuh ideal rasanya menjadi impian semua orang. Tidak jarang, orang-orang yang menghalalkan segala cara tanpa memikirkan dampak baik buruknya di masa depan.

Diet yang selama ini dianggap jalan pintas, nyatanya akan membahayakan jika dilakukan dengan salah. Yang akhirnya sulit membedakan antara diet atau gangguan makan.

Dr. Diani Pitra Filiani dari Klinik Lighthouse Indonesia untuk Cosmopolitan FM, menyampaikan bahwa masalah gangguan makan ini masih cukup sulit untuk dideteksi. Seseorang yang mengalami gangguan makan, biasanya akan menutupi kondisinya tersebut, atau bahkan tidak menyadari apa yang terjadi dengan tubuhnya. Dan dampak dari gangguan makan tersebut tidak bisa disebut ringan.

Dampak fisik yang akan ditimbulkan dari gangguan makan adalah rentannya tubuh terhadap infeksi, gangguan terhadap fungsi organ dalam tubuh, gangguan hormonal, bahkan dampak paling fatal adalah kematian. Selain dampak fisik, mental juga bisa mengalami gangguan, dan bisa menurunkan kualitas hidup.

Bila didefinisikan, gangguan makan adalah gangguan psikologis yang ditandai dengan adanya perilaku kebiasaan makan yang abnormal atau terganggu pada pikiran, sikap, emosi, terkait perilaku makan tersebut. Dan adanya dampak fisiologis dari perilaku tersebut di antaranya anorexia nervosa.

Lalu apa yang harus kita lakukan jika kita atau orang terdekat mengalami gangguan makan?

1. Kenali!
Ini merupakan tahap pertama yang harus dilakukan pada diri sendiri maupun orang terdekat jika mulai merasakan sesuatu yang janggal pada tubuh.

2. Pertolongan Medis
Jika sudah mengenali dan terbukti bahwa diri kita atau orang terdekat mengalami gangguan makan, segera minta pertolongan medis. Jangan berusaha untuk menyembuhkan seorang diri, kita tidak pernah tahu apakah yang kita lakukan sudah benar atau tidak.

3. Program Terapi
Tahap penting selanjutnya, pilihlah program terapi yang menyeluruh. Tidak hanya dari sisi psikologis, namun juga memberikan terapi untuk memperbaiki pola makan.

4. Terus Mendamping, Jangan Menghakimi
Jangan lupa untuk selalu mendampingi orang terdekat yang mengalami gangguan makan. Dalam kondisi seperti ini, mereka tidak butuh dinasehati ataupun dimarahi, tapi didampingi.

Bisa menerima kondisi mereka yang memang sedang dalam masalah dan butuh bantuan pastinya sangat berarti. Dan kesembuhan mereka juga bergantung pada perhatian Brava Listeners.

[teks Dell Hermawan | foto greatist.com]

Sumber:

Brava

SHARE