Jalani Gaya Hidup Frugal dengan #SayangUangnya

0
312

Berdasarkan riset dari Kadence Internasional Indonesia tahun 2015 lalu, ditemukan bahwa 28% orang Indonesia memiliki kebiasaan gaya hidup konsumtif tak sehat, di mana pengeluaran lebih besar daripada pemasukan mereka.

Karena itu diperlukan kiat-kiat jitu untuk mengatasinya. Misalnya saja dengan mengikuti gerakan sosial #SayangUangnya yang menerapkan gaya hidup frugal.

Frugalisme sendiri merupakan gaya hidup hemat dengan konsep berpikir untuk memenuhi kebutuhan dan menahan keinginan. #SayangUangnya diharapkan bisa menginspirasi banyak orang khususnya G-readers untuk melupakan gengsi dan lebih bijak dalam hal pengeluaran uang.

Ternyata gerakan positif ini juga dilakukan beberapa publik figur seperti Pevita Pearce, Hamish Daud dan blogger Sonia Eryka. Mereka berhemat dengan caranya masing-masing.

““Berhemat itu ada banyak caranya, aku sendiri dari kecil selalu diajarkan oleh Mamaku untuk mementingkan kebutuhan dibanding kepentingan. Aku sendiri sering menggunakan transportasi umum, ini salah satu caraku berhemat saat menghadapi kemacetan kota. Ditambah sekarang ini banyak aplikasi-aplikasi yang memudahkan transportasi bahkan dengan harga yang lebih murah,” cerita Pevita Pearce dalam acara #SayangUangnya bersama PermataBank di Senayan National Golf Club, Jakarta [3/2.

“Jangan kaget kalau akhir-akhir ini saya sering makan di warteg, sebenarnya ini adalah salah satu cara saya untuk berhemat, jujur saya paling banyak keluarin uang untuk beli makanan, karena saya sangat suka kuliner. Yang biasanya di resto-resto ternama, kini saya coba beralih ke warteg, dan ternyata memuaskan, selain makannya enak-enak, cost-nya juga sangat terjangkau dan dari segi kebersihan juga cukup terjaga,” ungkap Hamish Daud kepada tim Ghiboo dalam acara yang sama.

Selain itu Sonia Eryka juga membocorkan rahasia hematnya, “Kalau cewe itu paling boros di fashion, sama sepertiku, tapi aku suka hemat dengan berbelanja barang-barang vintage di Pasar Baru dan Pasar Senen, di sana aku sering dapat baju-baju lucu yang berkualitas. Aku mau nunjukin ke pembaca blog-ku kalau bagus itu gak harus mahal,” terang perempuan yang sudah 4 tahun jadi blogger ini dalam acara yang sama.

Masih banyak tips-tips hemat lainnya, seperti dalam situs #SayangUangnya yaitu sayanguangnya.com. Wah ternyata ada banyak sekali cara untuk berhemat ya G-readers! Ayo berhemat, ayo sayangi uangmu! [teks @uliafr | foto huffingtonpost.com]

SHARE