Cara membangun kedekatan ayah dan si kecil

0
205

Si Kecil lebih dekat dengan ibu? Jangan cemburu ya, ayah!

Tidak jarang lho kedekatan si Kecil dan ibu membuat ayah jadi merasa cemburu. si kecil juga jadi suka menolak saat ayahnya mendekat untuk memeluk, ataupun memegang tangannya.

Padahal, zaman sekarang banyak lho ayah yang sudah ingin terlibat dalam hal pengasuhan anak dan selalu mengikuti perkembangan anak.

Sementara, banyak juga lho anak yang merasa kurang nyaman saat ayahnya ingin membantu ibu untuk mengurus si Kecil. Ini tentu bisa membuat ayah jadi sedih dan patah hati.

Meski wajar, sepertinya ayah tidak perlu merasa terlalu kecewa. Pada dasarnya, memang ada beberapa anak yang memiliki keterikatan lebih erat dengan ibu. Saat dilahirkan pun, ibulah sosok pertama yang akan mendekap sang anak.

Secara natural, anak sudah merasakan ibu adalah tempat ternyaman, jadi para ayah tidak perlu merasa bersaing kasih sayang. Ingin membuat ayah kembali dekat? Berikut tips menjalin kedekatan dengan sang anak.

  1. Cerita dari ibu tentang sang ayah
    Alangkah baiknya jika ibu berbagi cerita kepada anak bagaimana rasa sayang dan kangen ayah kepada mereka, dan rencana akhir pekan yang sudah dirancang ayah.
  2. Bermain bersama ayah
    Ayah dan ibu juga bisa berbagi porsi bermain dengan anak. Ayah bisa mengajak si Kecil bermain bola, sepeda, dan mencuci mobil. Saat ingin memainkan permainan tersebut, anak-anak harus menunggu ayah pulang kerja, atau main saat ayah sedang memiliki waktu senggang. Walaupun butuh proses, tapi itu akan jadi salah satu cara anak untuk dekat dengan ayah. Kepulangan ayah pun akan jadi hal yang paling dinanti.
  3. Jalan-jalan tanpa ibu
    Saat akhir pekan, tak ada salahnya lho Anda menemani si Kecil membeli jajanan kecil atau pergi ke restoran favoritnya. Di saat itulah, Cosmonaut bisa bercerita mengenai kegiatan sehari-hari di kantor. Supaya anak mengerti, mengapa ayahnya sering keluar rumah. Selain itu, si Kecil pun juga bisa bercerita tentang kegiatan mereka di sekolah. Kegiatan ini tentu efektif untuk menjalin kedekatan dengan anak. Anak pun jadi merasa dihargai.
  4. Meninggalkan pesan singkat
    Selain tiga cara di atas, ayah bisa lho mencari cara lain untuk menjalin kedekatan dengan anak. Misalnya dengan cara meninggalkan pesan di kotak makannya atau buku pelajarannya. Melalui pesan tersebut, Cosmonaut bisa menuliskan ungkapan sayang, gambar, bahkan tebak-tebakan.

Yang jelas, ayah tidak bisa selalu menuntut anak untuk mengerti kesibukannya. Cukup menyediakan hati yang tulus untuk anak dan keluarga, karena dari hati, pasti akan sampai ke hati. Semangat Ayah!

[teks: Della Hermawan | foto: www.drchristyd.com]

Sumber:

Cosmopolitan

SHARE