Bripka Anra Nosa, Polisi Indonesia yang pimpin jendral negara lain

0
312

Indonesia kembali berbangga dengan terpilihnya putra negara sebagai Team Leader di United Nation Police [polisi PBB]. Dia adalah, Brigadir Polisi Kepala [Bripka] Anra Nosa.

Seperti disampaikan Divisi Humas Polri di akhir hari kerja pekan kemarin, di usianya yang masih muda, 33 tahun, dan meski berpangkat Bripka, Anra Nosa dipercaya mengomandoi pangkat yang lebih tinggi.

Tercatat, Anra mengepalai 35 orang anggota yang beberapa di antaranya ada yang berpangkat Kolonel, Letnan Kolonel, dan bahkan Jendral.

Prestasi Anra Rosa
Awalnya Anra bertugas sebagai penyidik di Reserse Kriminal Polda Riau. Kemudian pria tegap ini ikut seleksi menjadi UN Police yang diumumkan Mabes Polri.

Dari proses seleksi terhadap ribuan polisi, terpilihlah 15 polisi terbaik se-Indonesia, termasuk nama Anra.

Selanjutnya mereka pun mendapatkan pelatihan dan diberangkatkan ke Darfur, Sudan Selatan, sekitar 2014 lalu untuk mewakili Indonesia menjadi polisi perdamaian PBB.

Anra Nosa 2

“Awal bertugas langsung ada unjuk rasa besar dari pengungsi Sudan,” tutur Anra. Ketika itu, salah seorang anggota UN Police berpangkat Kolonel dari Jerman memerintahkan tim untuk memasukkan puluhan orang pengunjung rasa ini ke Holding Facility [semacam penjara].

Namun Anra menolak kebijakan Kolonel tersebut. Karena menurutnya para pengunjung rasa harus ditangani secara layak dan baik. Ia pun berinisiatif membuka komunikasi dengan pendemo. “Mereka itu ingin diwadahi ke WFP [World Food Suplemen, Organisasi PBB yang menangani soal makan pengungsi],” jelasnya.

Cara Anra ini ternyata menyelesaikan inti permasalahan tersebut, dan kaum pengunjuk rasa ternyata dapat menerima kebijakan dengan baik. Artinya, tidak perlu ada pihak yang disakiti.

Rupanya kisah Anra ini sampai terdengar hingga ke “atas”. Tak lama setelah penyelesaian masalah itu, Anra dipanggil oleh Senior Representatif Secretary General [SRSG] yang dipimpin oleh seorang Jendral wanita dari Angkatan Darat Negara Inggris. Anra pun dianggap layak untuk mengemban jabatan sebagai Team Leader UN Police.

Ahh bangganya, #IndonesiaKerenBanget! [teks @bartno | foto UN]

Sumber:

IRadio FM

SHARE