Rayakan International Women’s Day, Google suarakan #OneDayIWill

0
101

Setiap 8 Maret adalah hari di mana seluruh perempuan merayakan bagaimana dedikasi dan apresiasinya dalam bidang sosial, ekonomi, politik, dan budaya, dalam perayaan International Women’s Day.

Peringatan Hari Perempuan Sedunia pertama kali dirayakan pada tahun 1908. Di tahun tersebut, sedang marak isu kesenjangan gender dan berpusat di kota New York.

Sekitar 15.000 wanita berjalan melakukan long march sepanjang kota New York dan berjuang untuk mendapatkan hak yang selama ini belum didapat, seperti hak suara/hak pilih, gaji yang tidak sesuai dengan pekerjaan yang dilakukan, dan jam kerja yang terlalu panjang.

Dan di tahun 2016, International Women’s Day mengusung kampanye #PledgeforParity yang menyuarakan kesetaraan gender.

Google juga tidak mau ketinggalan. Kini Google menyuarakan kampanye #OneDayIWill. Saat kamu mengunjungi situs Google, akan muncul sebuah Doodle dan video yang menyatakan keinginan dan harapan mereka suatu hari nanti.

Dan Google mengajak lebih dari 300 wanita di 13 negara untuk menyuarakan pendapat mereka dan melengkapi kalimat ‘One Day I Will…’.

Dari anak-anak hingga perempuan dewasa di San Fransisco, Rio de Janeiro, Mexico City, Lagos, Moscow, Kairo, Berlin, London, Paris, Jakarta, Bangkok, New Delhi, dan Tokyo semuanya terlihat bersinar dan ikut menyuarakan keinginannya.

Harapan mereka pun beragam. Setiap perempuan yang mandiri, sudah bukan saatnya lagi untuk bermimpi namun mulai bergerak menuju keinginannya.

Google juga menjelaskan, saat pembuatan video ini berlangsung, semua kru yang bertugas adalah perempuan. Ini dimaksud agar suasananya bisa lebih terasa jika seluruhnya dilakukan oleh perempuan.

Dan menurut Google, tidak mudah untuk menjalani kampanye ini. Beberapa perempuan yang mereka temui, terkadang harus meminta waktu lebih lama karena mereka tidak atau belum tahu apa yang mereka inginkan di masa depan.

Ini salah satu video kampanye #OneDayIWill yang dilakukan di Jakarta, G-readers;

Kamu juga bisa berpartisipasi dalam kampanye #OneDayIWill. Terus kejar mimpi dan harapan kamu. Siapa tahu, kamu lah yang menjadi sumber inspirasi suatu hari nanti. Selamat Hari Perempuan Internasional! [teks Della Hermawan | foto independent.co.uk]

SHARE