Yuk cek waktu tidur anak yang baik!

0
252

Memastikan Si Kecil memiliki waktu tidur yang cukup dapat menjamin mereka memiliki fisik yang kuat lho. Hal tersebut diungkapkan oleh Cora Breuner, dari American Academy of Pediatrics, di laman webMD. Tidur yang cukup nyatanya menyerupai vaksin.

Agar memiliki stamina yang kuat, Cosmoners perlu melakukan beberapa hal. Tak hanya mengantar Si Kecil tidur pada jam yang sudah ditentukan saja. Anda juga perlu memastikan Si Kecil bisa tertidur dengan cepat, tetap tertidur sepanjang malam, dan terbangun dengan suasana yang sudah segar di pagi harinya. Hal ini tentu dapat membuat Cosmocil memiliki banyak energi untuk beraktivitas sepanjang hari.

Lalu berapa lama durasi yang dibutuhkan Si Kecil sesuai dengan usianya? Yuk cek tahapannya di bawah ini!

  1. Bayi Baru Lahir

Durasi tidur yang baik untuk bayi (0 – 3 bulan) adalah sekitar 10,5 hingga 18 jam sehari. Mereka tidak perlu durasi tidur yang sama setiap saat. Mereka bisa tidur hanya beberapa menit bahkan membutuhkan waktu berjam-jam.

  1. Bayi

Untuk bayi usia 4 – 11 bulan, Anda perlu mengajarkan mereka tidur di malam hari, yaitu sekitar 9 – 12 jam. Selesai bermain, pastikan juga mereka masih membutuhkan tidur siang sekitar 30 menit hingga 2 jam.

  1. Batita (Bayi dibawah 3 tahun)

Balita usia 1 – 2 tahun butuh tidur selama 11 – 14 jam sehari. Sama seperti bayi dan balita, mereka juga masih membutuhkan tidur siang dengan durasi yang lebih singkat.

  1. Balita (Bayi dibawah 5 Tahun)

Kategori anak usia 3 – 5 tahun masih memiliki durasi tidur malam sepeti balita. Namun di usia ini, anak-anak harus mulai mengurangi jam tidur siangnya. Jangan berikan Si Kecil tidur siang setiap hari, sebab biasanya di usia 5 tahun, anak-anak harus mulai berhenti tidur siang.

  1. Anak

Anak usia 6 – 13 tahun memiliki durasi tidur 9 – 11 jam per hari. Tugas sekolah dan bermain gadget atau video game akan mengurangi waktu tidur mereka. Jadi, orangtua perlu punya ketegasan untuk mengatur jam berapa mereka harus sudah tertidur.

Dengan memahami jam tidur anak sesuai umur masing-masing, anak-anak tentu akan terhindar dari insomnia saat dewasa. Cosmocil juga akan senang menjalani kegiatan sehari-hari karena tidurnya yang cukup. [teks: Della Hermawan | foto: pixabay.com]

Sumber:

Cosmopolitan

SHARE