Presdir PT CIMB Niaga TBK, Tigor M Siahaan bicara mengenai strategi bisnisnya

0
97

Pertengahan Januari kemarin, menjadi awal bagi Ferdy Hasan untuk memulai program The Captain di tahun 2016 ini.

Presiden Direktur PT CIMB Niaga TBK, Tigor M. Siahaan menjadi tamu spesial di Kamis waktu itu.

Pengalamannya di dunia perbankan luar dan dalam negeri, menjadi hal menarik untuk dibagikan. Berikut hal-hal menarik yang disampaikan Tigor M. Siahaan.

Perlu diketahui, CIMB Niaga merupakan bank pertama di Indonesia yang mengimplementasikan ATM [1987], juga bank pertama di Indonesia yang memberikan pelayanan online pertama [1991], serta bank pertama di Asia yang meluncurkan rekening bank di dalam handphone yang dikenal dengan rekening ponsel [2013].

Diyakini industri perbankan di tahun ini akan menaik, bagaimana menurut Anda?
“Saya optimis dan saya rasa banyak sekali program-program pemerintah yang coba menstimulus perekonomian, tapi kita perlu melihat situasi global juga.”

Apa yang harus dilakukan dalam menghadapi tantangan keamanan di Branchless Banking ini?
“Pertama-tama, Branchless Banking merupakan suatu keharusan karena trend is going that way. Semuanya sekarang mau secara instan. Jadi kalau kita lihat perbankan di CIMB Niaga, transaksi di luar perbankan itu mencapai 92-93 persen. Orang sudah merasa di mobile banking semua sudah terpenuhi, lebih praktis, lebih cepat, lebih instan. Jadi kita memang fokusnya ke digital, dan inovasi-inovasi ke depannya kita lebih memfokuskan kepada kemudahan-kemudahan bagi nasabah.”

“Untuk masalah keamanannya, kita juga memberikan advice ke semua nasabah, jangan memberikan password atau pin kepada siapa pun.”

Ekspansi bisnis yang akan dilakukan bank CIMB Niaga?
“Kita ingin memberikan suatu solusi yang komprehensif kepada nasabah. Kita mau memberikan pelayanan tentang bagaimana planning nasabah tentang pensiun, asuransi, pendidikan anak, KPR dan lain-lain. Dan bagaimana kita tandem dengan pemerintah untuk masa depan yang lebih baik.”

Bagaimana cara Anda memotivasi tim?
“Saya rasa we have to start from ourself, saya big believer to stay positive, karena bagaimanapun kalau kita melihat masalah di hidup ini tak ada habisnya, saya mencoba mencari the positive effect in everything that we do, dan saya percaya energy positive is contagious, dan mudah-mudahan orang-orang juga menularkan positif energi mereka.”

Gaya kepemimpinan seperti apa yang Anda terapkan?
“Saya menjunjung tinggi integritas. Bagaimana kita bisa menjunjung integritas itu di manapun kita berada, meski gayanya yang berbeda di setiap tempat. Saya open door policy, anyone can see me, selagi memberikan good input, dan saya tidak suka hierarki.”

Seperti biasa dalam setiap program The Captain hal ini selalu ditanyakan, deskripsikan defenisi bisnis dalam 3 kata menurut Anda?
“Simpel saja, integritas, integritas, dan integritas. Itu menurut saya.”

Wawancara selengkapnya, Anda bisa klik tautan ini, The Captain at Brava Radio.

Nah, program The Captain bisa Brava Listeners dengarkan lagi di setiap Kamis, pukul 09.00 pagi hingga 10.00 pagi WIB. [teks @bartno | foto tokohindonesia.com]

Sumber:

Brava

SHARE