Alasan mengapa kamu harus sarapan

0
404
[ki-ka] Mona Ratuliu, Goesnawan (Marketing Director PT Mayora Indah), Prof Hardinsyah

Kegiatan sarapan sebelum memulai hari, masih banyak yang belum melakukannya. Padahal sarapan memiliki peranan penting untuk menjalankan hari yang baik.

Prof. Dr. Ir. Hardinsyah, MS, yang menjabat sebagai Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia menjelaskan pentingnya sarapan dalam acara kampanye “Sarapan Sehat Sebelum Jam 9” serentak di 5 kota; Jakarta, Yogyakarta, Jember, Lampung, dan Medan, yang acara ini mendapatkan rekor MURI pada, Minggu pagi, 20 Maret 2016.

Menurut Hardinsyah, “Sarapan adalah kegiatan makan dan minum. Hal ini penting dilakukan karena, 1-2 jam seusai bangun pagi terjadi penurunan gizi dan gula darah dalam otak. Bila ini tidak tergantikan, maka kemampuan kamu berkonsentrasi akan menurun, pusing, lemas, dan mengantuk.”

Hardinsyah menganjurkan, “Sarapan sebaiknya dilakukan sebelum melakukan aktifitas, yaitu sebelum sekolah dan sebelum bekerja.” Dan guna┬ámendapatkan sarapan yang baik, sarapan kamu harus mengandung, karbohidrat, lauk pauk [daging, telur, ikan], vitamin dan mineral [sayur, buah], dan air atau cairan.

Tipsnya, supaya tidak mengantuk sesudah sarapan hindari, makan berlebih atau kekenyangan, dan jaga waktu tidur 7-8 jam sehari.

Dalam acara tersebut juga hadir Mona Ratuliu yang membagi caranya supaya anak mau sarapan, triknya adalah, “negosiasikan menu sarapan dengan anak dari kemarin malam dan sesuaikan dengan bahan-bahan yang dimiliki.” Dengan begitu anak merasa ada kewajiban untuk memenuhi kesepakatan akan sarapan.

Nah, upaya untuk terus mensosialisasikan pentingnya sarapan ini, telah dan akan terus dilakukan Energen dan Pergizi Pangan Indonesia, dan sekaligus mendukung Peraturan Menteri Kesehatan No. 41/2014 tentang Pedoman Gizi Seimbang pesan ke-6, “Biasakan Sarapan”. [teks & foto @bartno]

SHARE