Begini cara Tulus membuat lagu

0
180

Album pertama dan kedua milik pria bernama lengkap Muhammad Tulus ini mendapat respon positif dari pecinta musik Indonesia. Alhasil, Tulus yang sekarang telah menjadi salah satu penyanyi papan atas Tanah Air.

I-Listeners pasti menyukai salah satu deretan lagu Tulus yang telah dipublikasikannya, seperti, “Sewindu”, “Gajah”, “Sepatu”, “Jangan Cintai Aku Apa Adanya” atau lainnya.

Penasaran nggak sih, bagaimana Tulus bisa membuat lagu-lagu yang banyak dicintai masyarakat, padahal ia tak bisa memainkan satu pun alat musik? “Saya tidak menguasai alat musik apapun,” jelas Tulus kepada Ian Saybani, dalam program “Satu Jam Bersama”. Dan lewat program ini pula, Tulus menceritakan bagaimana ia membuat lagu.

Tuturnya, “Biasanya saya kalau nulis lagu itu start-nya dari lirik dulu. Bila dirasa sudah ada rimanya, dan maksudnya sudah tersampaikan dengan baik, lalu saya berimajinasi lagi bagaimana ya kalimat yang sudah tersampaikan pesannya, bisa juga punya nilai estetika yang lain berbentuk melodi.”

Mengenai penciptaan melodi, Tulus mengatakan, “Karena dari kecil sudah terbiasa dengerin banyak lagu, jadi mungkin kalau melodi saya mengandalkan bank melodi yang ada di otak saya. Jadi murni imajinasi!” Nah setelah menemukan melodi yang tepat, Tulus langsung merekamnya lewat smartphone, biar nggak terlupa.

Selain jagonya Tulus dalam membuat lagu, baru-baru ini, Tulus sedang mengkampanyekan #JanganBunuhGajah, suatu kampanye untuk menggalang dana lewat penjualan beberapa produk seperti, cangkir, botol minuman, baju, atau tas, yang dananya akan digunakan untuk pembelian alat deteksi semacam GPS yang akan dipasangkan ke gajah-gajah terlatih di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan di Sumatera. [teks @bartno | foto Ghiboo.com]

Sumber:

IRadio FM

SHARE