Eka Kurniawan raih penghargaan di World Readers Award

0
213

Sepertinya Maret menjadi bulan yang penuh berita gembira bagi novelis Eka Kurniawan [40]. Setelah di awal bulan ini ia masuk dalam nominasi The Man Booker International Prize, Eka di Selasa [22/3] kemarin meraih penghargaan World Reader’s Award.

Penghargaan untuk Eka diumumkan dalam gedung berbentuk telur emas raksasa di Hong Kong, yang disponsori oleh Hong Kong Science and Technology Parks Corporation.

Cantik Itu Luka yang dialihbahasakan oleh Annie Tucker menjadi Beauty is a Wound, adalah karya Eka yang membuatnya meraih penghargaan World Reader’s Award.

Dalam ucapan singkat kemenangannya lewat video, Eka menyampaikan “Saya di sini, berbicara lembut dari negara bernama Indonesia, di tengah riuhnya dunia.” Dan kemudian Eka menyatakan kesenangannya dan merasa terhormat atas penghargaan ini.

Selain Eka, Annie Tucker sebagai penerjemah juga mendapat penghargaan atas kontribusinya. Juga, penulis muda Gabrielle Mei Ying Tse [16] yang mendapatkan penghargaan the Young Writer of the Year Award.

World Readers Award adalah sebuah penghargaan atas karya sastra yang diinisiasi oleh para penulis dari Asia Pasifik dan Asosiasi Penerjemah yang berbasis di China dan Australia. Di tahun ini adalah penyelenggaraan pertamanya.

Selamat Eka Kurniawan! [teks @bartno | foto worldreadersaward.com]

Sumber:

IRadio FM

SHARE