Para peneliti muda Indonesia yang pertama bereksperimen di luar angkasa!

0
230
Roket Atlas 5

Bangga benar melihat peneliti muda Indonesia bisa melakukan eksperimen di luar angkasa. Tonggak bersejarah yang baru pertama kali ini terjadi Rabu, 23 Maret pukul 11.05 WIB, yang merupakan waktu meluncurnya roket Atlas 5 yang menggendong Cygnus menuju orbit ISS [International Space Station].

Nah di dalam Cygnus ini I-Listeners, terdapat dua eksperimen yang disiapkan oleh para siswa Indonesia.

Pertama dari tim siswa SMA Unggul Del di Laguboti, Sumatera Utara yang mempersiapkan eksperimen tentang pertumbuhan ragi di luar angkasa dalam keadaan near-zero gravity.

Katanya seperti dilansir dari SMA Unggul Del FB, “Ini merupakan eksperimen pendahuluan sebelum meluncurkan eksperimen berikutnya, how to grow tempe in space.

Kedua, datang dari kelompok siswa SMA dari Jakarta, Bandung, dan Jayapura yang bereksperimen mengenai pertumbuhan padi di luar angkasa.

Bukan hal mudah lho, mereka dapat dipercaya NASA atau Badan Antariksa Amerika untuk menjadi bagian dari banyak penelitian yang akan dilakukan di luar angkasa. Persiapan mereka secara mendalam membutuhkan waktu 6 bulan dan kemudian diikutsertakan flight-test NASA, dan mereka berhasil!

Diperkirakan roket Atlas yang meluncur kemarin dari Cape Canaveral, Florida, akan tiba di docking ISS, beberapa hari kemudian. Lalu, para astronot yang tinggal di ISS akan memindahkan perangkat eksperimen tersebut ke Nanoracks, suatu fasilitas penelitian di US National Lab di dalam ISS.

Di ISS ini, yang mengorbit dengan kecepatan 8 km/detik, sehingga mampu mengitari bumi 15-16 kali dalam 24 jam, dihuni oleh beberapa astronot yang berasal dari beberapa negara yang tinggal bergantian selama beberapa bulan.

Nantinya setelah para siswa selesai melakukan pengamatan, mereka diharuskan untuk mempresentasikan hasil penelitian mereka di Annual Conference of the American Society for Gravitational and Space Research di Washington DC, November tahun ini.

Ah bangganya, #IndonesiaKerenBanget jadinya!

Berikut nama-nama siswa yang berpartisipasi dalam penelitian ini.

Team Ragi dari SMA Unggul Del:
Anisa Auvira, Freddy Simanjuntak, Gilbert Nadapdap, Gomos Manalu, Hagai Sinulingga, Jonatan Daniel, Joy Gultom, Junita Sirait, Martin Siahaan, dan Rudini Silitonga.
Pembimbing: Arini Desianti Pratiwi, Elin Bawekes, Riza Muhida, Yalun Arifin, dan Ichsan.

Team Padi
Anatsya Womsiwor [SMAN 1 Sentani], Bennett J. Krisno [SMA Pelita Harapan Lippo Village], Bob Kaway [SMA Advent Doyo Baru], Derrick Harianto [Binus School Simprug], Gisella Austin [SMA Pelita Harapan Lippo Village], Jason Reysan [SMA BPK Penabur 2 Bandung], Marie Felicia Surya [SMA Pelita Harapan Lippo Village], Natasha Harianto [Binus School Simprug], Stefince Irene Cendrawasih [SMAN 1 Sentani], Tithus Lamek Yewi [SMA Advent Doyo Baru].
Pembimbing: Syailendra Harahap.

[teks @bartno | foto spaceflightnow.com]

Sumber:

IRadio FM

SHARE