Tanjung Kelayang, pantai indah dan unik yang wajib dikunjungi

0
141
Tanjung Kelayang, Belitung

Daya tarik Belitung mulai ramai diperbincangkan kala karya sastra “Laskar Pelangi” dibukukan dan difilmkan. Dan memang, kata-kata saja tidak cukup untuk mengutarakan keindahannya, pesonanya harus didatangi sendiri untuk merasakan keunikan dan keistimewaannya.

Seperti yang satu ini, buat Cosmoners yang menyukai wisata pantai, Tanjung Kelayang yang letaknya di sebelah Utara Pulau Belitung, sepertinya harus dimasukan daftar destinasi liburan tahun ini. Jaraknya cuma 27 kilometer dari pusat kota.

Pemandangan Pantai Tanjung Kelayang benar-benar unik, karena di sebelah barat terlihat batu-batu granit dengan berbagai macam bentuk. Sementara di sebelah timur terlihat hamparan pantai berpasir putih yang luar biasa indahnya.

Jika Anda ingin menikmati sunset paling indah di Belitung, Tanjung Kelayang merupakan tempat yang tepat. Selain itu, ada batu yang sangat terkenal di Tanjung Kelayang, namanya Batu Kelayang atau Pulau Batu Kepala Burung Garuda. Karena keunikannya, batu ini menjadi maskot Sail Wakatobi-Belitong 2011.

Batu berbentuk Burung Garuda atau Kelayang itulah yang mendasari nama Tanjung Kelayang. Batu-batu granit yang ada di sepanjang tepian pantai dengan ukuran yang bervariasi dan formasi unik menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan.

Pemandangan Tanjung Kelayang sangat indah dengan perpaduan warna laut biru, tumbuhan kelapa dan cemara di sekitar pantai. Pasir dan air laut yang bersih juga bisa dimanfaatkan wisatawan berjemur, berenang, atau menyelam karena ombak di sini tidak terlalu besar.

Pada Oktober di setiap tahunnya, Pantai Tanjung Kelayang dijadikan titik labuh kapal yacht yang sedang berlayar dalam kegiatan Sail Indonesia.

Objek wisata lain yang berada di sekitar Tanjung Kelayang antara lain Pulau Batu Berlayar, Pulau Pasir, Pulau Burung, Pulau Kepayang, dan Pulau Lengkuas. Fasilitas wisata Pantai Tanjung Kelayang juga tergolong lengkap karena sudah ada cottage dan resort untuk menginap.

Jadi, tunggu apa lagi, atur waktu Anda untuk berlibur ke Tanjung Kelayang!

Nah, supaya ke sananya gratis, Cosmoners bisa nih ikutan Sweet Escape Photo Contest 2016. Caranya mudah, hadiahnya liburan ke Bangka Belitung plus uang saku. Bagaimana tata caranya, yuk klik tautan ini, “Sweet Escape Photo Contest 2016”.

[foto dok. Kementerian Pariwisata]

Sumber:

Cosmopolitan

SHARE