Festival Pesona Mentawai, hadirkan ragam pesona daerah

0
211

Untuk pertama kalinya, Festival Pesona Mentawai [FPM] akan diselenggarakan! Bupati Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet meluncurkan event ini, di Balaiurang Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kementerian Pariwisata [Kemenpar], Selasa kemarin [5/6].

Festival Pesona Mentawai 2016 akan berpusat di Pantai Mapadegat, kecamatan Sipora Utara, pada 19 hingga 24 April mendatang.

FPM 2016 dimaksudkan untuk lebih memperkenalkan lagi wisata surfing kelas dunia yang ada di Mentawai melalui sebuah kompetisi surfing tingkat internasional. Dalam festival ini, juga akan ada pertunjukkan seni tradisional dan penampilan musisi Katon Bagaskara.

Menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya, Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat tidak memiliki sumber daya energi dan mineral, namun dianugerahi pesona alam [bahari], dan budaya sebagai keunggulannya [Seperti dikutip dari laman Kemenpar].

Selain itu, selama FPM 2016 ini akan ada jelajah panorama pesona hutan mangrove [mangrove tour], prosesi pelepasan anak penyu [tukik], dan penanaman terumbu karang.

Saksikan pula kompetisi tradisional memanah, tarian, dan nyanyian.

Dengan hadirnya FPM 2016, diharapkan kunjungan wisatawan di Kepulauan Mentawai akan mencapai target 10 ribu wisman dan 4 ribu wisnus, atau naik sekitar 30 persen. [teks @bartno | foto Mentawaiaccommodation.com]

SHARE