Rudy Hadisuwarno berbagi kiat sukses dan tips bisnisnya

0
112

Nama Rudy Hadisuwarno menjadi jaminan akan hasil indah dalam hal penataan rambut.

Kesuksesannya sekarang ini melalui proses yang cukup panjang. Rudy membuka salon pertamanya di tahun 1968, dan kini ia memiliki lebih dari 140 unit usaha.

Apa kunci susksenya dalam mengembangkan bisnis di bidang kecantikan ini? Berikut jawaban Rudy Hadisuwarno yang diwawancarai Ferdy Hasan dalam program The Captain, beberapa waktu lalu.

Untuk tetap bertahan dalam bisnis ini, strategi dan inovasi apa yang akan dilakukan?
“Saat ini kami melakukan regenerasi dalam manajemen dan di outlet-outlet juga. Di outlet-outlet, kami mencampur staff yang sudah berumur dan anak-anak muda, supaya ada penyegaran.”

“Di manajemen juga. Generasi yang kedua dari family sudah menggantikan. Dan ini sudah berjalan 5 tahun persiapan untuk regenerasi ini.”

Mimpi apa lagi yang ingin dicapai?
“Bagaimana memeratakan kualitas dan skill dari penata rambut di Indonesia, supaya sama rata. Sekarang ini perbedaannya masih timpang sekali, karena itu saya banyak sekali berikan seminar-seminar dan training-training keliling kota.”

“Tahun kemarin [2015] ada lebih 30 kota yang saya kunjungi. Seminar dan training ini tidak hanya kepada pemilik dan pekerja salon, tetapi juga ke siswa-siswa SMK, yang saya anggap penting sekali supaya mereka tahu goal apa yang ingin dicapai.”

Tips untuk pemain baru dalam bisnis ini?
“Yang penting adalah, ketika akan buka salon memilih lokasi yang tepat dan strategis. Selain mudah dijangkau dan harus sesuai dengan target market yang ingin dicapai. Kemudian recruitment juga sangat penting. Karena tenaga kerja yang baik menjadi kunci utama sukses atau tidaknya suatu salon.”

“Selanjutnya, adakan pelatihan-pelatihan berkesinambungan, atau mengirim staf ke seminar-seminar, untuk selalu meng-update supaya tidak tertinggal. Perlu diperhatikan juga dari sisi marketing-nya. Teknik marketing juga penting dalam bisnis ini. Dan terakhir berikan imbalan yang sesuai kepada para karyawan.”

Arti bisnis dalam 3 kata?
“Bagi saya, to produce which is to create something dan memproduksinya, mengemasnya atau lebih ke marketing, dan to sell atau distribusinya juga.”

Dengarkan terus kisah inspiratif dari para The Captain setiap Kamis pukul 9.00 am sampai 10.00 am, di 103.8FM BravaRadio. [teks @bartno | foto Rudyhadisuwarno.co.id]

Sumber:

Brava

 

SHARE