Siap-siap nonton serunya Opera Jawa Klasik “Kidung Dandaka”

0
257

Dua pecinta kesenian tradisional Indonesia, Abisatya Sarasati dan Padnecwara akan menghelat pertunjukkan tari berkonsep lengendrian atau Opera Jawa Klasik, dengan judul “Kidung Dandaka”.

Kidung Dandaka adalah sebuah kisah dari Epos Ramayana yang ditulis oleh Sindhunata pada buku Anak Bajang Memburu Angin. Perjalanan Rama dan Sinta yang penuh warna, menjadi pijakan garapan ini dengan bentuk lengendrian yakni menari sambil berdialog yang dilantunkan dalam bentuk tembang sehingga sering disebut bahwa legendrian adalah sebuah Opera Jawa.

Pementasan ini akan diselenggarakan di Gedung Kesenian Jakarta, 22-23 April 2016 pukul 19.00 WIB.

Akan ada tiga maestro tari, yaitu, Retno Maruti, Sulistyo Tirtokusumo, dan Sentot S. Serta melibatkan beberapa penari dan pengrawit dari Institute Seni Indonesia [ISI] Solo, Yogyakarta, sanggar Padnecwara serta Institut Kesenian Jakarta [IKJ].

Andang W. Gunawan selaku Produser Eksekutif perhelatan ini berharap, pertunjukkan tari ini bisa menghidupkan kembali minat remaja akan tarian tradisional yang mulai ditinggalkan dan kini saatnya mereka bangga akan warisan budaya leluhur bangsa Indonesia.

Pementasan Opera Jawa Klasik ini merupakan salah satu bagian dari program pemerintah untuk dapat melestarikan dan mempromosikan budaya Nusantara.

Yuk G-readers, saksikan kesenian tradisional ini!

Tiket di tiketnonton.com [021-7229535]
VIP IDR 1.000.000
Platinum IDR 750.000
Gold IDR 500.000
Silver IDR 250.000

[teks @bartno | foto Ist]

SHARE