Konsep baru, Bengawan Restaurant Keraton Hotel hadirkan ‘Taste of Thai’

0
240

Menghabiskan akhir pekan bersama keluarga terkadang suka bingung mau makan di mana. Terlalu banyak pilihan akhirnya membuat G-readers makan makanan yang selalu sama.

Kalau kamu ingin suasana yang berbeda, mungkin masakan Thailand bisa menjadi pilihan yang tepat untuk disantap seluruh keluarga. Dan Bengawan Restaurant Keraton Hotel Jakarta adalah rekomendasi kami.

Yang sebelumnya pernah berkunjung ke restaurant ini, mungkin tahu bahwa Bengawan lebih dikenal sebagai restoran ala Mexico. Namun di tahun 2016 ini, Bengawan menyajikan kuliner khas Asia Tenggara.
Sebagai permulaan dari sajian kuliner Asia Tenggaranya, di pekan lalu, Bengawan Restaurant menghadirkan ‘Taste of Thai’.

Untuk sajian khas negeri gajah putih tersebut, Bengawan Restaurant mendatangkan langsung Chef Bee, dari W Retreat Koh Samui, Thailand.

KHAO PAD SAPPOROT & KAENG MUSSAMUN NEUA
KHAO PAD SAPPOROT & KAENG MUSSAMUN NEUA

Chef Bee ialah salah satu chef yang cukup ternama di Thailand. Chef Bee juga merupakan peraih emas untuk kompetisi fruit crafting taraf internasional, sebuah karya seni pahat dengan media buah.

Sebagai makanan pembuka, rangkaian menu dari ‘Taste of Thai’ menyajikan tiga menu terbaiknya. Yaitu Yam Talay, sejenis salad ala Thailand yang terdiri dari beberapa bahan dasar seafood yang dibakar lalu dilapisi dengan perasan jeruk nipis. Menu yang sangat baik untuk dipesan sebagai menu pembuka.

Menu lainnya yang tak kalah nikmatnya sebagai menu pembuka adalah Por Pia Sod. Menu ini merupakan menu roll yang terdiri dari potongan timun dan wortel. Namun untuk kulit pembungkusnya, terlihat kurang lebih mirip kulit siomay khas Bandung, hanya saja lebih lengket dan lebih tipis dan tidak melalui proses digoreng maupun direbus.

Yang terkahir adalah Yam Pla Tuna. Dari namanya kita sudah bisa membayangkan enaknya rasa tuna yang dipadukan dengan salad dan dilengkapi dengan saus pedas manis khas Thailand.

POR PIA SOD
POR PIA SOD

Tuna ini hanya dimasak setengah matang, tapi tetap empuk. Padahal biasanya daging yang dimasak setengah matang masih terasa keras. Recommended!

Chef Bee juga mempersembahkan menu sup yang dinamai Tom Ka Kai. Menu ini merupakan menu olahan daging ayam yang kemudian diberi kuah santan dan galangal [sejenis jahe]. Memang pada dasarnya Indonesia dan Thailand masih berada di benua yang sama, makanannya pun tidak jauh berbeda secara fisik maupun rasa. Kalau kamu memesan menu ini, kamu akan langsung ingat pada opor ayam yang selalu hadir saat lebaran tiba. Ya, secara fisik dan tekstur makanannya sangat mirip dengan opor ayam. Hanya saja kuah menu ini lebih kental, namun kurang banyak, dan ada sedikit rasa asam khas Thailand.

Masuk ke hidangan utama, Bengawan memiliki tiga menu andalan. Yang pertama adalah Khao Pad Sopparot. Ini adalah menu dengan bahan utama nasi yang diolah bersama dengan nanas dan kismis. Lagi-lagi menu ini akan mengingatkan kita pada nasi kuning atau nasi kebuli. Tetap dengan rasa khas Thailand, ada rasa sedikit asam pada menu ini, namun tetap jempolan!

YAM PLA TUNA
YAM PLA TUNA

Menu kedua adalah Phad Thai Koong, menu mie goreng khas Thailand yang memiliki bentuk pipih yang dihidangkan bersama dengan udang berukuran besar, namun bukan sejenis lobster. Ada saus khas Thailand untuk melengkapi menu ini, tapi hati-hati sama pedasnya!

Dan terakhir ada menu Kaeng Mussamun Neua, menu olahan daging sapi dan kentang yang disiram kuah kari. Dan saat memesan menu ini, akan mengingatkan kamu sama rendang ataupun semur daging. Rasa pedasnya tidak terlalu terasa, tapi menu ini cukup dijagokan di Bengawan. Patut dicoba!

Tidak lengkap rasanya jika lidah kita tidak dimanjakan dengan menu yang manis-manis. Suguhan tiga menu dessert andalan yang tergabung menjadi Trilogy of Thai. Terdiri dari menu ketan putih yang disiram dengan kuah santan dan potongan buah mangga.

Lalu ada juga potongan buah pisang yang juga disiram kuah santan, mungkin kalau di Indonesia kita mengenal dengan makanan kolak pisang.

TRILOGY OF THAI
TRILOGY OF THAI

Dan terakhir potongan-potongan buah segar yang dilengkapi dengan Tom Yam Sorbet. Tom Yam yang biasanya dikenal dengan salah satu menu masakan, tapi dihadirkan dalam bentuk es krim yang segar. Yum!

Untuk menu minumannya, Bengawan menjagokan Bengawan Pattaya. Minuman segar yang diisi dengan buah markisa, buah longan, dan dipercantik dengan satu batang sereh.

Kamu bisa ikut mencicipi rangkaian menu khas Thailand ini sepanjang tahun 2016. Tapi, kalau kamu berencana untuk datang di akhir pekan, ada baiknya kalau kamu booking seat sebelumnya. [teks Della Hermawan | foto Della Hermawan]

SHARE