Cara mudah menghindari perut buncit

0
497
foto: bingapis.com

Tahukah Anda, bahwa timbunan lemak di perut adalah yang paling berbahaya karena menutup beberapa organ penting sehingga mempertinggi risiko penyakit jantung koroner dan diabetes.

Seperti dilansir Fitnessformen.co.id, Timbunan lemak di perut juga menjadi penanda kelebihan berat badan. Supaya hal itu tidak terjadi, dr. Pauline Endang Praptini, Sp.GK dari Departemen Gizi Klinik FKUI RSCM Jakarta, memberikan langkah mudah terhindar dari perut buncit sehingga kesehatan Anda tetap terjaga dengan baik.

1. Hindari minuman bersoda.
Minuman pertama yang wajib Anda hindari adalah minuman bersoda. Minuman bersoda mengandung jumlah kalori tinggi. “Walau tinggi kalori, minuman bersoda juga tidak memberi efek kenyang sehingga kita akan terdorong untuk terus meminumnya,” ujar dr. Endang.

Meskipun soda diet, soda tetap mengandung gula dan kalori yang tetap tidak baik dikonsumsi, apalagi buat penderita diabetes. Penelitian dari University of Texas Health Science Center menemukan fakta bahwa minum dua atau lebih kaleng minuman soda diet dapat meningkatkan ukuran pinggang hingga lima kali!

2. Makan lebih sering dalam porsi kecil.
Makanlah dalam porsi kecil. Boleh sering, tapi tetap dengan porsi minimal. Dengan makan lebih sering maka perut Anda tidak akan sempat merasakan lapar. Makan lebih sering juga efektif untuk meningkatkan metabolisme tubuh sehingga Anda bisa membakar kalori lebih banyak sepanjang hari.

“Lebih baik membagi porsi makanan Anda dalam lima porsi kecil-kecil, masing-masing mengandung 200 – 300 kalori,” kata dr. Endang. Ini jadwal idealnya: Sarapan (pukul 07.00), camilan ringan (pukul 10.00), makan siang (pukul 12.00), camilan sore (pukul 15.00), dan makan malam (pukul 19.00). Pilihlah buah berserat tinggi sebagai makanan selingan.

Cari tahu selanjutnya di halaman 2.

1
2
3
SHARE