Alasan mengapa baru 14 tahun AADC dibuat lagi

0
420

Ada Apa Dengan Cinta [AADC] menarik ratusan ribu penonton di edisi pertamanya, dan edisi keduanya di tahun ini, pada hari perdananya saja [28/4] telah tembus angka 200 ribu. Wow.

Tetapi, ada pertanyaan yang begitu bikin penasaran dari dua penyiar I-Radio, Indra Prasta dan Ayumi dalam program Masih Pagi-Pagi [29/4], kenapa sih setelah 14 tahun baru dibikin?

Padahal, bayangan Indra setelah nonton AADC 1 bareng-bareng sama temannya di masa kuliah di Jogja dulu, lanjutan cerita Rangga dan Cinta bakal ada 3 atau 4 tahun lagi.

Dian Sastrowardoyo
“Kita itu udah move on, lumayan cukup ikhlas. Ada Apa Dengan Cinta cuma segitu aja, cuma satu film aja, nggak ada lanjutannya.”

“Padahal semua udah pada nanyain, bahkan dua tahun lalu pas kita bikin iklan aplikasi, itu udah ditanya lagi. ‘Mba beneran deh, loe beneran nggak mau bikin lanjutannya? Kayanya sih belum ada Dian’ gitu katanya.”

Kita pikir dua tahun lalu itu, filmnya sedang dibuat?
Dian 
“Nggak, belum sama sekali. Ada sebuah aplikasi yang approach mba Mira yang mau beli rights untuk mengembangkan ceritanya khusus untuk iklan, jadi itu cuma iklan aja. Dan iklan yang lain juga, termasuk gue yang lari-lari bawa minum, itu juga nggak ada hubungannya.”

Jadi kenapa mba Mira, harus menunggu 14 tahun?
Mira Lesmana
“Sebenarnya, kalau mau ngitung dari kerja produksi, itu totalnya 15 tahun. Kita bekerja dari 2001, dan prosesnya memang cukup panjang, karena kita merasa film ini selesai deh, berdiri sendiri apa adanya. Kalau dibikin sequel kayanya gimana gitu, ya udah biarin aja. Dan kerja saat itu sangat-sangat menyenangkan. Usai AADC, kita mengambil jalur sendiri untuk berkembang, tapi tetap berteman.”

“Hingga sampai tahun 2012 kita reuni, Nico tiba-tiba ngingetin ‘Ini udah 10 tahun lho AADC, yang nggak pernah loe bikin sequel-nya itu. Masa kita nggak bikinin sesuatu sih?’ oh iya ya,,Akhirnya kita putuskan, kita mau bikin reuni. Kemudian kita puter di Jakarta, di Blok M Square untuk satu weekend aja, untuk celebrate, dan kumpul sama teman-teman untuk melihat lagi bersama, plus pembuat film-film lain. Di situlah, lihat mereka ‘gila ya, kalo kita nggak kerja bareng lagi’. Ya udah akhirnya di titik itu, kita putusin ini waktu yang paling tepat.”

“I think it just the right time, 14 years!’

Riri Riza
“Film itu me-representing generasi, dan kalo kita membayangkan Rangga dan Cinta, 3 tahun setelah peristiwa itu, mungkin tak terlalu banyak pilihan-pilihan penting hidup mereka.”

Mira
“Karena 14 tahun ini, kita baru saja posting hari pertama tembus 200 ribu penonton, itu seneng banget, dan yang lebih seneng lagi penontonnya, kayanya 50:50. Remaja pun sangat menikmati.”

Selamat menonton AADC 2!

[teks @bartno | foto Ist]

IRadio FM

SHARE