Hubungan New Zealand dan Indonesia, oleh Duta Besar H.E. Trevor Matheson

0
161

Pada penghujung Februari lalu, studio Brava Radio kedatangan Duta Besar New Zealand untuk Indonesia, H.E. Trevor Matheson dalam program The Captain.

Duta Besar H.E. Trevor Matheson, baru menjalani tugasnya setahun di sini. “Indonesia is amazing country, saya suka orang-orangnya, suka dengan keberagaman budayanya. Saya kira tak ada negara seperti Indonesia,” ujar Matheson yang mengaku menyukai nasi goreng.

Bicara mengenai hubungan Indonesia dan New Zealand yang telah terjalin selama 65 tahun, ada beberapa garis besar yang dinyatakan Matheson:

  • Hubungan dengan Indonesia semakin menguat.
  • New Zealand turut membantu dalam pengembangan Indonesia melalui edukasi dan beasiswa. Tahun ini ada 60 beasiswa bagi pelajar Indonesia.
  • Banyak hal yang bisa dipelajari bersama, dalam landasan respect, trust, and integrity.
  • Terjadi pertumbuhan perdagangan kedua negara 10% dalam 10 tahun terakhir. Tahun 2015, total perdagangan kedua negara mencapai USD 1,15 miliar.
  • Telah disepakati, di tahun 2024 nilai perdagangan kedua negara bisa mencapai USD 4 miliar.

Yang terpenting menurut Matheson, dalam setiap kerjasama kedua negara harus mendapatkan mutual benefit.

Untuk bidang pariwisata, kunjungan turis Indonesia ke New Zealand terbilang cukup rendah, sekitar 16,000 wisatawan di tahun lalu. Sementara, orang New Zealand yang berlibur ke Indonesia mencapai 60,000 di tahun kemarin.

Karena itu, Departemen Pariwisata New Zealand menggandeng aktor Indonesia yang mendunia, Joe Taslim. Harap Matheson, “Akan ada rutin penerbangan dari Indonesia langsung ke New Zealand. Dan kita mengundang wisatawan Indonesia untuk merasakan keindahan New Zealand yang aman dan nyaman.”

Tahukah Brava Listeners, penduduk di New Zealand sekitar 5 juta, kalah populasinya dengan hewan ternak, Sapi – 10 juta, dan domba – 40 juta. Serta jangan pula kaget, melihat betapa ramah warganya, mereka suka menjamu para wisatawan dengan teh dan kue.

Pemandangan New Zealand yang begitu epik dan apik, membuat negara yang khas dengan burung Kiwinya ini menjadi setting film-film box office seperti, The Lord of The Ring, dan Hobbit. “Everyday a different journey“, kata H.E. Trevor Matheson, kepada para wisatawan Indonesia.

Dengarkan terus kisah seru dan inspiratif lainnya dalam program The Captain bersama Ferdy Hasan yang hadir setiap Kamis, pukul 9 hingga 10 pagi WIB. [teks @bartno | foto Ist]

Sumber:

Brava

SHARE