Menyambut hari pendidikan, 880 relawan pengajar gabung Kelas Inspirasi Jakarta

0
186

Bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional hari ini [2/5], Kelas Inspirasi Jakarta yang kelima [#KIJKT5] dilaksanakan.

Pada penyelenggaraannya ini, ada sebanyak 880 relawan pengajar, 220 relawan dokumentasi, dan 89 relawan fasilitator berpartisipasi di 58 sekolah dasar, dan 1 SLB menengah atas marjinal yang memenuhi kriteria untuk disambangi.

Daftar sekolah yang dikunjungi itu berada di, Jakarta Barat [9], Jakarta Pusat [25], Jakarta Selatan [6], Jakarta Timur [7], dan Jakarta Utara [12].

Dari 59 sekolah yang dipilih, ada satu yang merupakan SLB menengah atas yang tercatat berprestasi. Ini pertama kalinya Kelas Inspirasi Jakarta mengikutsertakan sekolah luar biasa sekaligus sekolah menengah atas.

Sekolah yang dipilih tahun ini relatif lebih sedikit dari tahun sebelumnya, dikarenakan rombongan belajar di beberapa sekolah ada yang terbilang banyak sehingga membutuhkan jumlah relawan pengajar dan dokumentasi yang lebih besar.

Hikmat Hardono, Direktur Eksekutif Indonesia Mengajar mengatakan, “Kelas Inspirasi ini kami kembangkan dengan tujuan untuk menjadi medium bagi para profesional yang ingin membagi cerita dan pengalaman yang digeluti sehari-hari terkait dengan profesinya kepada para murid SD. Cuti satu hari para pengajar tersebut diharapkan dapat menginspirasi anak-anak seumur hidup! Esensi inilah yang ingin kami tumbuhkembangkan sehingga semakin banyak professional yang terpanggil untuk turun tangan membantu peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.”

Sejak digagas pertama kali di tahun 2012 oleh beberapa relawan dari kalangan profesional dan tim Indonesia Mengajar (IM), Kelas Inspirasi (KI) semakin diminati oleh banyak kalangan yang memiliki
kepedulian di dunia pendidikan anak.

Hal ini dibuktikan dengan tingginya animo relawan pengajar, dokumentasi dan fasilitator dari tahun ke tahunnya. Sampai dengan tahun 2015, sudah tercatat lebih dari 2000 orang relawan yang terlibat dengan lebih dari 170 sekolah dasar yang mendapat dampak positif dalam gerakan ini di Jakarta.

Saat ini, Kelas Inspirasi telah menyebar di 119 kota di Indonesia dengan lebih dari 100 pelaksanaan hari inspirasi.

[teks Ist | foto Adityo.net]

SHARE