Satu hal penting sebelum menggunakan new make up

0
135

Cosmoners, pasti sering dong beli perlengkapan make up? Mulai dari maskara, eyeliner, blush on, foundation, primer base, dan masih banyak lagi produk make up lainnya yang sudah memenuhi meja rias Anda.

Tapi pernah nggak sih iritasi seperti gatal-gatal, timbul bercak merah di wajah atau bahkan muka bengkak karena salah produk make up? Mungkin hal itu pernah terjadi di kehidupan Anda yang terkadang bikin muka jadi aneh.

Dilansir dari Glamour.com, yang harus dilakukan adalah tes produk make up pas mau dibeli di belakang telinga atau di bagian dalam siku Anda. Tunggu sampai sekitar 24 jam dan lihat apa ada bercak merah, gatal atau tanda-tanda iritasi kulit lainnya.

Kalau memang tanda-tanda iritasi kulit sudah muncul di kulit, Anda harus membersihkan area tersebut dengan air bersih dan face cleanser lalu dilanjut dengan menggunakan krim moisturizer yang biasa Anda gunakan.

Iritasi bisa terjadi karena dalam produk make up tersebut mengandung bahan seperti retinol, glycolic acid, dan hydroguinone [bahan yang digunakan untuk menghilangkan noda hitam] yang bisa membuat iritasi bahkan pada tipe kulit normal.

Howard Sobel, M.D, dermatologist asal New York City yang juga pendiri Park Aveneue Skin and Spa, mengatakan “Itu selalu mungkin. Setiap orang mengembangkan alergi dalam hidupnya.” Jadi, pada suatu saat Anda akan merasakan ruam, bengkak, atau gatal.

Ingat lho Cosmoners, Be careful of choosing make up product! [teks Juliani Chaerunissa | foto healthtap.com]

Sumber:

Cosmopolitan

SHARE