Nyeri Punggung bolehkah dipijat?

0
168

Postur tubuh buruk memang sering menjadi salah satu penyebab utama seseorang mengalami nyeri punggung. Namun, tahukah Anda kalau ternyata 2 dari 5 orang di dunia pernah mengalami nyeri punggung?

Dalam segemen Health Club di Breakfast Club bersama Novita Angie dan Lembu Wiworo Jati, dr. Sophia Hage, SpKO, expert Cosmopolitan FM, dari klinik LightHOUSE menurutkan beberapa penyebab nyeri punggung, antara lain usia, tingkat kebugaran, berat badan berlebih, dan riwayat cedera sebelumnya.

Nah, tentu Cosmoners tidak mau dong kalau masalah ini jadi berlarut-larut? Karena itu, yuk simak cara mengatasinya!

1.Jangan langsung dipijat.  Jika mengalami nyeri punggung, sebaiknya hindari aktivitas berat di 3 hari pertama. Selain itu, jauhkan pikiran dari keinginan refleksi atau pijat. Ini akan dapat membuat serabut otot semakin amburadul.

Otot yang kaku sudah memendek dan mengecil. Bila dipijiat, maka otot akan semakin tidak beraturan. Pembuluh darah Anda pun bisa pecah. Sebaiknya, lakukan penyembuhan terlebih dahulu seperti mengompres bagian yang nyeri dengan es.

2. Olahraga ringan. Apa sih olahraga yang disarankan untuk menyembuhkan nyeri punggung? dr. Sophia Hage mengungkapkan, pilates, yoga, dan stretching dengan cara menarik kaki ke bagian dada setelah pengobatan 3 hari pertama dapat membuat otot punggung memanjang. Selain itu ini juga dapat membantu Cosmoners menghilangkan nyeri dan membuat postur tubuh jadi lebih baik.

Penasaran mengapa saat nyeri punggung Anda harus olahraga? dr. Sophia Hage pun menjelaskan manfaatnya, yaitu mengurangi kekakuan pada otot dan menormalisasi postur. Selain itu, Anda pun dapat meningkatkan kekuatan otot batang tubuh.

Olahraga yang disarankan pun bermacam-macam. Anda bisa melakukan jogging, sit up, back up, atau planking. Yuk coba lakukan! [teks Nadia Fatina | foto huffingtonpost.ca]

Sumber:

Cosmopolitan

SHARE