BBTF diharapkan menjadi puncak pagelaran bursa Pariwisata Internasional di Indonesia

0
144

Industri Pariwisata Indonesia sedang digenjot naik, dengan membuat event-event pariwisata, mengikuti berbagai pameran traveling, meningkatkan SDA [Sumber Daya Alam] dan SDM [Sumber Daya Manusia], serta peningkatan infrastruktur dan fasilitas.

Karena itu banyak G-readers saksikan penyelenggaraan event-event pariwisata di Tanah Air. Namun belum ada satu event akbar yang mencakup secara keseluruhan.

Oleh sebab itu, Kementerian Pariwisata Indonesia berharap event Bali & Beyond Travel Fair [BBTF] menjadi event akbar tersebut.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara, I Gde Pitana dalam press conference BBTF 2016 di Balaiurang Soesilo Sudarman, Gd. Sapta Pesona, Jakarta Pusat, menyampaikan, “BBTF diharapkan menjadi puncak perayaan pameran pariwisata, seperti MATTA di Kuala Lumpur.”

BBTF 2016 akan menjadi penyelenggaraan untuk ketiga kalinya. Dan di tahun ini diperkirakan nilai transaksinya meningkat 43% dari IDR 5,2 triliun, menjadi IDR 9,3 triliun.

Perhitungan tersebut dikarenakan meningkatnya jumlah buyers dan pilihan destinasi yang ditawarkan. Serta adanya program Post Tour ke destinasi-destinasi beyond Bali, yaitu Banyuwangi, Tana Toraja, Lombok, dan Pulau Komodo.

Peningkatan nilai transaksi tersebut, menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya lebih besar dari nilai transaksi pariwisata saat Indonesia tampil di ITB Berlin kemarin [9-13 Maret 2016].

Pak Menpar juga menambahkan, “Waktu di ITB Berlin kita membawa 100 seller. Kalau di sini karena dekat, seller-nya jadi lebih banyak. Saat ini jumlah seller telah melampaui target dari 275 menjadi 309. Saya berharap akan lebih banyak seller lagi yang ikutan. Karena, ‘semakin banyak restoran, semakin banyak juga pelanggannya’, percaya itu.”

Agenda BBTF 2016 ini juga bertepatan dengan pagelaran Pesta Kesenian Bali yang tahun ini masuk ke usianya yang ke-34, dan berlangsung dari 11 Juni hingga 9 Juli 2016.

BBTF 2016 ini sendiri akan diselenggarakan di Bali Nusa Dua Convention Center, Nusa Dua, Bali, pada 22-26 Juni 2016.

Untuk informasi selengkapnya atau ingin menjadi bagian dari event ini, kamu bisa mengakses lama BBTF dengan mengklik tautan ini, Bali & Beyond Travel Fair 2016. [teks @bartno | foto Ist]

SHARE