Atasi insomnia dengan kebiasaan baru

0
114

Brava Listeners, apakah Anda sering mengalami kesulitan untuk tidur? Meskipun sudah merasa sangat lelah namun tubuh Anda tidak bisa tidur? Gangguan ini kita kenal dengan sebutan insomnia.

Insomnia dapat disebabkan oleh masalah psikologi seperti stress dan depresi. Tidak hanya itu, insomnia juga bisa disebabkan oleh masalah medis seperti penyakit yang Anda derita. Misalkan asma, alergi, bahkan rasa sakit bisa menyebabkan Anda sulit tidur.

Jet-lag dan konsumsi kafein berlebih juga bisa menyebabkan Anda terserang insomia. Padahal insomnia yang terus berlanjut hingga kronis dapat menyebabkan gangguan serius pada kesehatan Anda lho.

Nah, bagaimana mengatasinya? Berikut tips mengatasi insomnia

1. Miliki pola hidup baru yang lebih sehat
Anda harus memiliki jam tidur yang teratur setiap harinya. Baik waktu tidur sampai waktu bangun tidur. Ketika Anda ingin tidur siang, maka waktu tidur siang paling lama adalah 30 menit dan sebelum jam 3 sore. Karena tidur siang yang terlalu lama dapat mengganggu pola tidur Anda. Batasi konsumsi kafein, alkohol, dan nikotin. Serta, mulailah berolah raga, setidaknya 30 menit per hari.

2. Miliki pola tidur yang baik
Pastikan tempat tidur Anda adalah ruangan yang tenang dan minim akan cahaya. Matikan cahaya baik dari smartphone, komputer, atau tv Anda, 1 jam sebelum tidur. Karena jika Anda masih menggunakan alat-alat elektronik tadi selagi lampu sudah dimatikan maka kualitas tidur Anda yang akan terganggu.

[teks onne | foto kellysthoughtsonthings.com]

SHARE